Portal Indonesia
ramadhan

Anggota TNI Lestarikan Seni Tradisional Asli Ponorogo

berita terkini
Suasana latihan tarian yang akan mengiringi seni Reyog Ponorogo
222

PONOROGO, (portalindonesia.net) - Seperti diketahui bersama, bahwa seni Reyog Ponorogo merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat Kabupaten Ponorogo, Jatim. Pasalnya kesenian ini selalu ditampilkan dalam berbagai kegiatan. 

Saat ini seni Reyog makin digemari masyarakat baik usia tua, muda bahkan anak-anak. Begitupun satuan Kodim 0802/Ponorogo. Sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Ponorogo, personel Kodim 0802/Ponorogo juga pecinta kesenian Reyog yang didukung oleh satuan dengan memberikan ruang dan waktu untuk melaksanakan pembinaan kesenian Reyog bagi anggota dan menampilkannya dalam berbagai kesempatan.

Menurut Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf. Made Sandy Agusto, anggota Kodim 0802/Ponorogo rutin melaksanakan latihan seni Reyog Ponorogo setiap hari jum'at pagi usai melaksanakan kegiatan olah raga umum. 

Bahkan pada Jum'at (1/3/2019), puluhan personel Kodim 0802/Ponorogo yang tergabung dalam grup Reyog 'Singa Bhirawa Anoraga' melaksanakan latihan di lapangan Makodim 0802/Ponorogo.

Masih menurut dia, kegiatan latihan dilaksanakan dengan pembagian peran dalam kesenian Reyog. "Ada yang bertugas sebagai penari jathil, penari bujangganong, penari warok dan  penari dadak merak. Setelah melaksanakan latihan per bagian, para pemeran ini selanjutnya melaksanakan kolaborasi tari kolosal Reyog Ponorogo secara keseluruhan dengan memperagakan lakon-lakon dalam kesenian Reyog," bebernya. 

Lebih lanjut dia menambahkan, kesenian Reyog yang dapat ditampilkan dengan berbagai lakon ini, menjadikan latihan kesenian Reyog di Kodim 0802/Ponorogo terus dilakukan sehingga kesenian asli masyarakat Kabupaten Ponorogo ini akan terus lestari.

Secara  terpisah, Koordinator grup Reyog 'Singa Bhirawa Anoraga', Kodim 0802/Ponorogo Kapten Inf. Yatimin mengungkapkan jika kesenian Reyog Ponorogo merupakan bagian penting dalam tradisi masyarakat Kabupaten Ponorogo. "Demikian pula dengan Kodim 0802/Ponorogo sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Ponorogo, anggota Kodim 0802/Ponorogo juga pecinta kesenian asli daerah Ponorogo ini," tambah Kapten Inf. Yatiman. 

Pihaknya menyampaikan satuan Kodim 0802/Ponorogo terus meningkatkan kemahiran anggota grup Reyog untuk memainkan peran dalam kesenian Reyog melalui latihan-latihan yang dilaksanakan setiap Jum'at. "Dengan latihan secara terjadwal ini, anggota Kodim 0802/Ponorogo yang tergabung dalam grup Reyog 'Singa Bhirawa Anoraga' dapat menampilkan kesenian Reyog dalam berbagai kesempatan," jelasnya.

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Diguyur Hujan Deras, Dapur Rumah Milik Warga di Situbondo Ambruk 
Berita Selanjutnya HIPMI, Kapolres dan Dandim 0820 Probolinggo, Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Komentar Anda