Portal Indonesia
ramadhan

Launching Buku dan Video 44 Jurus Inovasi BP2D Kota Malang

berita terkini
Saat penyerahan secara simbolik buku dan keping DVD 44 Jurus Inovasi Pajak Daerah oleh Kepala BP2D Kota Malang kepada Walikota Malang dan Ketua DPRD Kota Malang.
222

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Bertempat di sebuah cafe di Jl.Tangkuban Perahu no.9 Kota Malang, Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, Sabtu (02/03/2019), gelar launching buku dan video profil "44 Jurus Inovasi Pajak Daerah".

Peluncuran buku dan video profil 44 Jurus Inovasi Pajak Daerah tersebut, adalah salah satu bentuk terobosan dan inovasi BP2D Kota Malang dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan prima, transparan, akuntabel dan partisipatif. Terbukti, setiap tahun lembaga eks Dispenda itu sukses mengumpulkan lebih dari 75 persen PAD dari sektor pajak ke dalam APBD Kota Malang. 

Kepala BP2D Kota Malang, Ade Herawanto dihadapan awak media menuturkan bahwa keberhasilan ini tak lepas dari efektivitas kinerja para petugas pajak. Selain itu juga, peran sinergi lintas sektoral yang baik antara pemerintah daerah beserta jajaran samping dengan para stakeholder pajak.

Pria yang akrab disapa Sam Ade itu juga menyampaikan, bahwa keberhasilan tersebut tak lepas dari tingkat kesadaran WP (wajib pajak) yang luar biasa tinggi. "Terima kasih kepada warga Kota Malang," tutur Sam Ade.

Ia mengharap kesadaran masyarakat untuk bisa membayar pajak tepat waktu dan mendaftarkan diri jika sudah memenuhi kriteria wajib pajak.

Sementara itu, Walikota Malang, Drs.Sutiaji sangat mengapresiasi kinerja BP2D yang bisa meningkatkan PAD dari sektor pajak. 

Menurutnya, inovasi yang dibukukan tersebut merupakan catatan penting dari perjalanan BP2D dan pemerintah dalam upaya peningkatan pendapatan daerah. “Jika ingin berprestasi, terus menambah grid, kita harus ada inovasi ke arah pembaruan,” ujar Sutiaji.

Untuk berinovasi, kata Sutiaji, ada beberapa hal yang akan dijadikan target. Sehingga untuk inovasi, maka banyak pembaharuan yang tidak akan pernah berhenti. 

"Di pemerintahan kami, setiap UPD harus ada inovasi, minimal one bidang one innovation. Sehingga 44 inovasi tadi tinggal di internalisasikan, bisa jadi lebih dari 44 inovasi nantinya," bebernya. 

Ia juga mengharap peran media elektronik dan online untuk jadi mitra informasi akan pentingnya pajak bagi pembangunan di Kota Malang. 

Dalam acara yang berlangsung santai ini, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Malang, perwakilan Kakanwil Dirjen Pajak Jawa Timur dan 100 undangan. 

Perlu diketahui, dalam buku tersebut dijelaskan secara runut berbagai terobosan BP2D. Mulai dari sebagai kota pertama di lndonesia yang menerapkan pajak online sejak akhir tahun 2013 lalu, menerapkan sistem jemput bola ke tengah masyarakat melalui kegiatan Tax Goes to School, Campus, Mall dan Kampung, hingga memberi sarana edukasi perpajakan melalui mobil Tax Online Keliling.

Pada akhir acara dilangsungkan penyerahan secara simbolik buku dan keping DVD 44 Jurus Inovasi Pajak Daerah oleh Kepala BP2D Kota Malang kepada Walikota Malang dan Ketua DPRD Kota Malang.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya BP2D Kota Malang Adakan Lomba Karya Jurnalistik
Berita Selanjutnya Boarding School, Ini Aktivitas Siswa SMP IT Bina Pekerti Saat 10 Malam Terakhir di Bulan Ramadhan

Komentar Anda