Portal Indonesia
ramadhan

Wujud Toleransi Antar Umat Agama Saat Ponpes di Kota Malang Gelar Haul Akbar 

berita terkini
Suasana di halaman Gereja Kayutangan Kota Malang yang turut difungsikan untuk parkir kendaraan sejumlah jamaah haul akbar
222

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Puluhan ribu jamaah dari berbagai penjuru nusantara, berbondong-bondong menghadiri acara Haul Akbar ke-57 di Ponpes Darul Hadits Kota Malang, yang berlokasi di Jln. Aries Munandar No 15 atau tepatnya di tengah Kota Malang. 

Pantauan portalindonesia.net,  rombongan jamaah mulai berdatangan ke Ponpes Darul Hadits sejak Sabtu (2-3-2019) hingga puncak acara utama haul akbar yang terlaksana Minggu (3/3/2019).

Membludaknya jamaah yang hadir dalam acara haul akbar ini, membuat panitia sempat kewalahan karena kantong - kantong parkir yang tersedia tidak cukup untuk menampung banyaknya kendaraan para jamaah. 

Terlihat puluhan bus dan mobil serta ribuan motor terparkir baik di kantong - kantong parkir hingga di pinggir jalan - jalan pusat Kota Malang. 

"Jama'ah yang hadir di acara haul akbar ini membludak mas, sampai kantong - kantong parkir yang telah disediakan oleh panitia tidak cukup untuk menampung kendaraan para jama'ah," ungkap Muhajir (41) salah satu jamaah asal Banyuwangi, saat ditemui di areal tempat dimana ia memarkir kendaraannya. 

Ada hal menarik awak media Portal Indonesia ketika melihat kondisi di halaman Gereja Kayutangan. Di halaman gereja ini, juga dipenuhi dengan kendaraan para jamaah. 

Ketika ditemui awak media, pengurus harian Gereja Kayutangan, Johanes Sony menyatakan, bahwa komitmen menjaga dan memelihara toleransi adalah suatu hal yang harus diutamakan dalam kehidupan antar umat beragama. 

"Utamanya di Kota Malang ini, kita harus menjaga dan memelihara toleransi antar umat beragama" katanya. 

Ia mengatakan, di halaman Gereja Kayutangan selalu dijadikan tempat untuk pelaksanaan sholat Id, baik itu saat hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. "Toleransi beragama yang sudah terjalin sangat baik di Kota Malang ini, harus terus dilestarikan, dijaga dan digaungkan," harap Sony.

Haul akbar di Ponpes Darul Hadits Kota Malang pada tahun ini, dihadiri langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Suyanto. 

Pada kesempatan acara haul akbar tersebut, Panglima TNI menghimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan. "dalam menghadapi Pemilu serentak 2019, toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin selama ini, harus dipertahankan dan ponpes didorong menjadi motor penggerak untuk menangkal hoak agama yang marak disebarkan pihak yang tidak bertanggung jawab" pungkasnya.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Camat Mlarak Berharap Para Perangkat Desa Menjaga Loyalitas
Berita Selanjutnya HIPMI, Kapolres dan Dandim 0820 Probolinggo, Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Komentar Anda