Portal Indonesia
ramadhan

Ratusan Rumah di Sidoarjo Terendam Banjir

berita terkini
Saat banjir melanda pemukiman warga Pesawahan, Porong Sidoarjo
222

PORTALINDONESIA.NET, SIDOARJO - Banjir telah melanda kawasan Desa Pesawahan Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sampai detik ini belum bisa dapat dipastikan karna luapan sungai avoer gedongan yang ada didaerah Porong Sidoarjo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sidoarjo (BPBD), rencananya akan menelusuri lagi dengan pihak dinas PU Bina Marga terkait penyebab terjadinya banjir. 

Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito mengatakan, pada awalnya menganggap jika banjir yang terjadi di desa Wunut, Candipari, dan desa Pesawahan Kecamatan Porong itu merupakan dampak dari luapan sungai avoer gedongan. Kejanggalan itu baru diketahui setelah petugas BPBD mengecek air sungai avoer yang sudah mulai menyusut. 

"Awalnya kami mengira memang dari luapan sungai, karena intensitas hujan dan air sungai meninggi. Akan tetapi, setelah kami cek kembali air sungai menyusut, tapi kok masih ada genangan.” ungkapnya, Jumat (8/3/2019). 

Meski kondisinya demikian, Dwijo memastikan bahwa kondisi banjir di tiga desa yang sempat berdampak pada ratusan rumah tersebut, kini sudah mulai surut. 

"Genangan air pada saat itu yang mulai surut duluan adalah desa Candipari dan Wunut, sedangkan desa Pesawahan menyusul kemudian," tegasnya. 

Banjir setinggi 20-40 centimeter  tidak hanya menggenangi akses jalan saja, kantor pemerintahan desa dan lembaga sekolah, itujuga terendam kurang lebih 498 KK. "Yang paling banyak memang di desa Pesawahan," tandasnya. 

Banjir dikawasan tersebut memang kerap menjadi langganan pada musim penghujan. Apalagi, saat ini sudah memasuki puncak musim penghujan.

"masih kami cek dulu, apakah memang ada kendala dari saluran atau kondisi desa yang cekung. Barulah nanti akan kita usulkan dalam program pembahasan penanggulangan banjir," ungkapnya.

Reporter : Rizal
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Usai Dibangun TNI, Rumah Seorang Janda Tua di Ponorogo Diterjang Banjir
Berita Selanjutnya HIPMI, Kapolres dan Dandim 0820 Probolinggo, Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Komentar Anda