Portal Indonesia
ramadhan

Tanah Longsor Ancam Wilayah Banaran Pulung Ponorogo

berita terkini
Tanah yang longsor di Dukuh Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo
222

PORTALINDONESIA.NET, PONOROGO - Bencana tanah longsor yang pernah terjadi beberapa waktu lalu di Dukuh Tangkil Desa Banaran, Kecamatan Pulung Ponorogo, Jatim, dikhawatirkan akan terjadi kembali. Sebab, tanda-tanda keretakan tanah kembali menghantui warga setempat. Jum'at (8/3/2019).

Berdasarkan keterangan Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant, dalam kurun waktu 2,5 bulan ini retakan masih berupa serabut berjarak sekitar 5 meter dari rumah Kateni membujur sepanjang 300 meter.

Sekitar 20 hari terakhir, retakan tanah mengalami penurunan atau ambles dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, panjang 100 - 200 meter dan lebar 30 cm.

Disekitar retakan ada 2 rumah yang sudah dikosongkan atau ditinggal oleh pemiliknya sejak kejadian terjadi longsoran yang pertama.

"Setiap malam apabila turun hujan terdengar suara gemuruh dari lokasi tanah ambles," paparnya.

Adapun lokasi tanah retak dan ambles berjarak kurang lebih 5 hingga 50 meter dari rumah yang masih ditinggali warga di RT 01/RW 01, Dukuh Tangkil.

Sedangkan data rumah yang terdekat dengan tanah retak dan ambles antara lain milik Kateni, (55), Doimin (70), Asmini (45), Paerah (50), Jemari (50) dan Mbah Jimin (75).

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor susulan, menurut Kapolres, anggota Polsek bekerjasama dengan Perangkat Desa melaksanakan sosialisasi kepada warga masyarakat agar secepatnya mengungsi ke tempat yang lebih aman saat malam hari ataupun terjadi hujan deras. "Karena curah hujan di lokasi masih labil, dengan intensitas yang tidak menentu," tukasnya.

AKBP Radiant juga menjelaskan, kontur tanah Desa Banaran merupakan tanah humus serta belum adanya pepohonan yang kuat untuk mengikat tanah rawan. "Sehingga tanah mudah mengalami penurunan lagi," jelasnya. 

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Jawa Timur Dilanda Banjir, Ribuan KK di 15 Kabupaten Terdampak
Berita Selanjutnya HIPMI, Kapolres dan Dandim 0820 Probolinggo, Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Komentar Anda