Portal Indonesia
ramadhan

Bertempat di Ponpes Nuril Anwar Purworejo, 5 Ponpes Dapat Bantuan Bus Gratis dari Kemenhub

berita terkini
Saat penyerahan 5 unit bus gratis di Ponpes Nuril Anwar, Desa Maron, Kecamatan Loano, Purworejo, Jawa Tengah
222

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Untuk membantu mobilitas serta meningkatkan aspek belajar para siswa/santri, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI akan memberikan bantuan sebanyak 100 unit bus di seluruh wilayah Indonesia. 

Hari ini, 5 unit bus tersebut diberikan kepada 5 pondok pesantren (Ponpes) yang ada di wilayah Purworejo dan sekitarnya. Penyerahan bus bertempat di Ponpes Nuril Anwar, Desa Maron, Kecamatan Loano, Purworejo, Sabtu (9/3/2019). 

Secara simbolis, penyerahan 5 unit bus untuk para santri dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi. 5 unit bus gratis tersebut diberikan masing-masing satu unit untuk Ponpes Mambaul Hikmah dan Darussalam dari Magelang, Ponpes Al Azar Temanggung, Ponpes Anwarul Falah Purworejo dan Ponpes Fathkul Muin Ali Mansyur Wonosobo. 

Pengasuh Ponpes Nuril Anwar KH.R. Abdul Hakim Chamid mengaku sangat terbantu dengan adanya bus tersebut. Sarana dan prasarana lain seperti bus memang diperlukan untuk menunjang kemajuan ponpes.

"Banyak manfaat dengan adanya bus tersebut karena memang ponpes perlu sarana dan prasarana untuk mobilitas. Ini penting dan sangat membantu sekali. Tahun kemarin kami sudah dapat satu untuk ponpes Nuril Anwar ini dan sekarang dapat lagi untuk ponpes Anwarul Falah yang ada di kota," tuturnya.

Selain bantuan bus sekolah gratis, khusus Kabupaten Purworejo sendiri juga mendapatkan bantuan lain berupa lampu penerangan jalan umum sebanyak 219 buah. Lampu tersebut nantinya akan dipasang di 26 desa yang ada di Kabupaten Purworejo. 

Dalam acara tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyampaikan, total bus sekolah yang akan diterjunkan pada 2019 ini sekitar 100 unit. Masing-masing armada berkapasitas 29 penumpang itu akan disebar di seluruh Indonesia sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

"Dengan adanya bus tersebut diharapkan bisa membantu mobilitas para santri yang bisa digunakan untuk memperlancar aspek belajar dan mengajar. Tahun ini kami bantu 100 bus sekolah dan tahun 2020 nanti kami juga tetap akan membantu," ungkapnya. 

Budi menambahkan, sesuai dengan namanya, bus sekolah nantinya tidak hanya digunakan oleh Ponpes saja, namun juga akan membantu mobilitas para siswa di sekolah-sekolah atau pihak lain. Untuk perawatannya sendiri, diserahkan sepenuhnya kepada pihak penerima bantuan namun selama satu tahun pertama akan ditanggung oleh Agen Pemegang Merk (APM).

"Bisa untuk anak sekolah juga, maupun pihak lain yang ingin memanfaatkan dan ini bukan kompetitor angkot jadi para sopir tidak usah khawatir. Untuk perawatan karena ini jadi aset ponpes maka tergantung pihak ponpes bukan pemerintah lagi, namun selama satu tahun tetap menjadi tanggungan APM," pungkasnya. 

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Warga di Jember Digegerkan Penemuan Mayat Wanita Penuh Luka Dekat Rel Kereta 
Berita Selanjutnya HIPMI, Kapolres dan Dandim 0820 Probolinggo, Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Komentar Anda