Portal Indonesia
ramadhan

Pasca Banjir, TNI Bersama Elemen Masyarakat Ponorogo Perbaiki Tanggul Jebol

berita terkini
Warga Ponorogo karya bakti perbaiki tanggul jebol
222

PORTALINDONESIA.NET, PONOROGO - Wilayah Kecamatan Balong, kabupaten Ponorogo, Jatim, khususnya Desa Bajang beberapa hari ini sungai meluap bahkan dibeberapa titik terjadi tanggul sungai yang jebol. 

Untuk mengantisipasi terjadinya luapan air dari sungai yang dapat merendam tanaman padi, Babinsa Koramil 0802/09 Balong bersama para petani dan komponen masyarakat Desa Bajang lainnya melaksanakan karya bakti membuat tanggul penahan air di area persawahan desa tersebut, Sabtu (9/3/2019).

Dalam kegiatan itu, 5 orang anggota Koramil 0802/09 Balong yang dipimpin oleh Bati Tuud bersama ratusan petani dan komponen masyarakat Desa Bajang mengumpulkan pasir untuk diwadahi karung dan dibawa ke area persawahan.

"Di bibir sungai, karung-karung pasir ini ditata di sepanjang bibir sungai yang rentan mengalami tanggul jebol. Hal ini bertujuan untuk mencegah luapan air dari sungai yang dapat merendam tanaman padi milik para petani Desa Bajang," tandas Pelda Miswanto.

Lebih lanjut Pelda Miswanto menuturkan bahwa kegiatan karya bakti yang dilaksanakan oleh anggota Koramil 0802/09 Balong bersama dengan warga masyarakat Desa Bajang ini merupakan rangkaian penanggulangan bencana alam atas meluapnya sungai-sungai di Desa Bajang kemarin.

"Setelah kami menyelesaikan pembersihan lingkungan dari dampak luapapan sungai, maka selanjutnya karya bakti diarahkan untuk mencegah terjadinya gagal panen pada lahan pertanian di wilayah ini," papar Pelda Miswanto.

Lantas Bati Tuud Koramil 0802/09 Balong ini mengungkapkan bahwa respon luar biasa ditunjukkan warga masyarakat untuk mengupayakan kembali pulihnya kondisi Desa Bajang pasca luapan air sungai melalui karya bakti yang dilaksanakan.

"Kita bahu membahu melaksanakan penanggulangan bencana hingga tindakan pasca bencana sehingga bencana alam berupa luapan air sungai yang terjadi beberapa hari yanh lalu tidak banyak mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat," tukasnya. 

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Polres Situbondo Gelar Focus Grup Discussion Generasi Milenial Anti Hoax
Berita Selanjutnya HIPMI, Kapolres dan Dandim 0820 Probolinggo, Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Komentar Anda