Portal Indonesia
Habibie

Sosialisasi DTD-AKP Tahun 2019 Digelar di Desa Trebungan - Mlandingan 

berita terkini
Saat sosialisasi DTD-AKP 2019 berlangsung di pendopo kantor Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO – Pemerintah Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo melaksanakan sosialisasi tentang pelaksanaan pendataan data tunggal daerah analisis kependudukan partisipatif (DTD-AKP) 2019, Rabu (13/3/2019) siang. 

Kegiatan sosialisasi yang bertempat di pendopo kantor Desa Trebungan ini, dihadiri oleh Camat Mlandingan bersama sejumlah jajarannya, anggota Polsek dan Koramil Mlandingan, Kepala Desa (Kades) Trebungan, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Mlandingan, dan seluruh perangkat Desa Trebungan mulai, Kaur, Kasi, Kadus hingga ketua RT RW dengan jumlah total yang hadir sekitar 60 orang. 

Dalam sambutannya Kades Trebungan, Tjung Padli mengatakan, saat ini Pemdes Trebungan sedang menyusun data induk, namun dalam menyusun induk tersebut, pihaknya melibatkan perangkat desa hingga di tingkat RT.

“Sebelum petugas melakukan pendataan data tunggal daerah analisis kependudukan partisipatif (DTD-AKP) 2019 di Desa ini dimulai, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi," katanya. 

Kades Tjung menjelaskan, akurasi DTD-AKP harus betul-betul bisa dipertanggung jawabkan. Sebab, Ini menjadi acuan dasar bagi setiap perencanaan di Desa Trebungan yang fungsinya untuk mendata warga sesuai klasternya, seperti saat warga sangat miskin dan miskin yang nantinya diajukan ke Pemkab Situbondo. 

"Sosialisasi ini, nantinya diharapkan agar DTD-AKP 2019 di Desa,Trebungan dapat akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga penduduk Desa Trebungan yang jumlahnya mencapai 3000 lebih, bisa terdata masing - masing taraf kemampuan atau ekonominya," imbuhnya. 

Sementara Camat Mlandingan, Iddha Arum Bawana mengatakan, DTD-AKP nanti akan mengcover data-data inklusi, penduduk miskin, indeks pembangunan desa, dan lain sebagainya.

Kemudian akan terus dikembangkan menjadi data induk yang bisa diakses dan dipakai secara langsung oleh pemerintah. “Ini fungsi dari DTD-AKP" tandasnya.

Setelah sosialisasi, akan dilanjutkan dengan pendataan oleh petugas yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan.“Mereka inilah yang akan mendata dilapangan,”bebernya. 

Lebih jauh, Camat Idha mengatakan, Teknis pendataan DTD-AKP diawal dengan pelaksanaan musyawarah di tingkat RT hingga di kecamatan. 

“Kalau dari RT di tingkat desa sudah terverifikasi dengan baik, diharapkan akurasi data sudah bisa dipertanggung jawabkan,” kata Iddha.

Pantauan Portalindonesia.net, dalam pelaksanaan sosialisasi (DTD-AKP) 2019 di pendopo kantor Desa Trebungan, juga diisi dengan acara dialog tanya jawab dan acara berlangsung lancar.

Reporter : Abdul Hakim
Editor : -
444
Berita Sebelumnya Tingkatkan PAD Lewat PBB, Ini Inovasi Pemkab Kebumen
Berita Selanjutnya Digugat Cerai Istri, Pria Ini Gantung Diri

Komentar Anda