Portal Indonesia
ramadhan

Lestarikan Pusaka Asli Nusantara, Tosan Aji Gelar Pameran Keris di DKM Kota Malang 

berita terkini
Pengunjung melihat-lihat aneka keris dalam pameran yang digelar Paguyuban Tosan Aji di DKM Kota Malang. 
222

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Untuk mengenal dan melestarikan salah satu benda pusaka asli Nusantara dan kearifan budaya Nusantara kepada masyarakat dan kaum milenial, Paguyuban Tosan Aji menggelar pameran aneka keris selama 2 hari (16-17/3/2019) di DKM (Dewan Kesenian Malang) yang berlokasi di Jl.Mojopahit No.05 Kota Malang. 

Ketua penyelenggara, Wahyu Eko menuturkan, tujuan pameran Tosan Aji untuk melestarikan serta mengenalkan keris pada masyarakat khususnya kaum milenial. 

"Dengan adanya pameran ini, diharapkan ada perhatian dari Pemkot Malang untuk bisa mewadahi paguyuban - paguyuban kebudayaan khususnya Tosan Aji," harap Wahyu, Sabtu (16/3/2019).

Pantauan portalindonesia.net, Sabtu (16/3/2019), terlihat para peserta kegiatan pameran keris yang melibatkan lebih dari 10 paguyuban telah berdatangan. Para peserta pameran baik dari kota Malang sendiri maupun dari berbagai kota di Jawa seperti Madiun dan Jombang, tampak menata keris-keris yang akan di pamerkan. Pada kegiatan ini, keris era Kerajaan Singasari dan Majapahit turut dipamerkan.

Sementara pantauan portalindonesia.net terhadap pengunjung pameran, sejak Sabtu (16/3) terus berdatangan hingga hari ini, Minggu (17/3). 

Seorang pengunjung pameran, Sutrisno (20) saat ditemui portalindonesia.net, mengaku sangat mengapresiasi dengan kegiatan pameran Tosan Aji. "Saya jadi tahu macam-macam keris serta sejarahnya," ungkap Sutrisno.

Menurutnya, pameran Tosan Aji (keris) penting bagi kaum milenial yang sekarang enggan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. "Kegiatan Tosan Aji ini diharapkan bisa rutin digelar untuk lebih menghidupkan aktivitas budaya Nusantara khususnya di Malang Raya sehingga masyarakat khususnya kaum milenial bisa mengenal, tahu dan berperan serta untuk melestarikan eksistensi keris sebagai salah satu senjata pusaka dan budaya asli Nusantara," bebernya. 

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Populasi Sapi Terus Meningkat, Faisol Riza: Probolinggo Gudang Ternak 
Berita Selanjutnya Elan Rajiun

Komentar Anda