Portal Indonesia
lowongan beriklan

Siswa SD Negeri V Purwantoro Kota Malang Ikuti Outing Class Tentang Damkar

berita terkini
Siswa kelas 3 SDN V Purwantoro, Moch. Khafidz Abdinegoro bersama petugas Damkar, Sumadi, setelah menerima materi pencegahan bahaya kebakaran.
222

 

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Siswa SD Negeri V Purwantoro Kota Malang mengikuti  pembelajaran diluar kelas (outing class) tentang pengenalan seluk beluk petugas pemadam kebakaran berikut aktifitasnya, Senin (26/03/2019). Outing Class ini sebagai bekal pengetahuan plus bagi para siswa di sekolah tersebut. 

Dilokasi Jalan Bengkel, para siswa SDN V Purwantoro mendapat informasi langsung dari para petugas Damkar. 

Ada tiga personil yang diterjunkan oleh pihak dinas pemadam kebakaran untuk mensosialisasikan tentang bahaya kebakaran dan pencegahannya.

Menurut salah satu petugas Damkar yang memberikan sosialisasi, Sumadi mengatakan, pemberian materi soal pencegahan bahaya kebakaran sejak dini sangat penting bagi anak-anak, salah satunya agar anak - anak tidak bermain korek api dan hal-hal yang berhubungan dengan api.

"Model pembelajaran seperti saat ini, juga sebagai sarana wisata edukasi" ujar Sumadi pada portalindonesia.net dilokasi.

Usai pemberian sosialisasi, para siswa diajari cara penyemprotan titik api. Kemudian diajak naik mobil Damkar keliling sembari membunyikan sirene seolah olah mereka menuju TKP kebakaran. "Hanya diseputaran Jalan Bengkel saja, tidak keluar sebagaimana waktu lalu. Ini berdasarkan pertimbangan pihak Satlantas Polres Malang Kota, karena makin padatnya lalu lintas." terang Sumadi.

Pantauan dilokasi, pada ending moment sosialisasi para siswa mandi bersama melalui selang air yang disemprotkan oleh petugas Damkar setempat.

"Outing Class ini adalah pemberian bekal dan memperkenalkan serta pencegahan bahaya kebakaran. Nanti kita adakan evaluasi pertanyaan pada para siswa, usai menerima pembelajaran dan pengetahuan soal pemadam kebakaran" ucap Sulis, guru wali kelas 3 SDN V Purwantoro.

Giat outing class tersebut rupanya menarik bagi Guru Olahraga bernama Dini. Pada kesempatan ini, Dini bertanya bagaimana syarat untuk menjadi petugas Damkar dan cara mendaftarnya ?!

Pertanyaan tersebut dijawab petugas pemadam bernama Nanang. "Seorang petugas pemadam kebakaran adalah berjiwa pengabdian sosial publik. Selain harus kuat fisik, juga kuat mental dan pendaftarannya langsung melalui online pada dinas terkait sesuai kebutuhannya" terang Nanang.

Reporter : Galih
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Jokowi Kampanye di Lido Graha, Lokasi Sudah Dijaga Aparat Keamanan
Berita Selanjutnya Pra Musda, IPJT Gelar Rapat Persiapan di Kendal

Komentar Anda