Portal Indonesia
lowongan beriklan

Ciptakan Kue Bakpia Edamame, 4 Siswa SMKN 1 Grujugan Dapat Apresiasi

berita terkini
Produk Bakpia Edamame SMKN 1 Grujugan Bondowoso, Jawa Timur
222

PORTALINDONESIA.NET, BONDOWOSO - Sebuah karya membanggakan dari 4 orang pelajar SMKN 1 Grujugan Bondowoso, Jawa Timur, yang berhasil menciptakan sebuah produk makanan yang inovatif berupa "Bakpia Edamame" membuat Kepala SMKN 1 Grujugan Bambang Sutjipto, S.Pd, M.Si sangat bahagia dan langsung memberikan apresiasi dengan melounhing produk tesebut ke publik. 

"Saya sangat bahagia melihat nyali anak muda SMK hingga bisa membuat produk maha karya "Bakpia Edamame" ini, tadi saya langsung menghubungi koperasi PGRI, koperasi Wisma Guru, dan beberapa jejaring yang dengan cepat bisa menjualkan produk istimewa ini" ujar Bambang kepada portalindonesia.net dengan penuh semangat, Kamis (28/3/19). 

Menurutnya, capaian itu sangat membanggakan. "Apa yang dilakukan 4 siswa ini diharapkan bisa memacu siswa lainnya untuk mengembangkan ide-ide dan kemampuan kreatif serta menggali jiwa kewirausahaan yang dimilikinya," ungkap Bambang. 

Produk Bakpia Edamame karya keempat siswa ini, juga sebagai salah satu bukti keberhasilan guru-guru SMKN 1 Grujugan dalam melatih ketrampilan siswa dimana di sekolah ini mempunyai jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPI).

Terlebih lagi, tujuan pendirian SMK adalah menciptakan lulusan yang siap kerja dan siap berwirausaha sehingga mampu kompetitif menghadapi perkembangan jaman yang penuh dengan persaingan. Sehingga, pendidikan di SMK lebih kepada praktek yang sesuai dengan kompetensi keahlian dibandingkan dihadapkan pada belajar teori didalam kelas. 

Sebagai langkah nyata bentuk apresiasi terhadap 4 orang siswa yang berhasil menciptakan makanan Bakpia Edamame, pada hari ini (28/3/2019) produk unggulan tersebut telah berhasil diluncurkan ke publik. 

Diketahui, keempat siswa yang berhasil menciptakan makanan yang beri nama Bakpia Edamame itu, antara lain Munir, Nimas, Mohammad Sufyan dan Syarifah. 

Ketika membuat Bakpia Edamame, keempat siswa itu mengolah sendiri tanpa bimbingan guru di Ruang Praktek Siswa (RPS) SMKN 1 Grujugan. 

Selanjutnya Bakpia Edamame dikemas, lalu diberi label kreasi dan dipasarkan sendiri oleh keempat siswa tersebut. 

Upaya keempat siswa dalam mengembangkan dan menggali jiwa kewirausahaan yang mereka miliki, serta menyalurkan ide-ide kreatif hingga berhasil membuat produk Bakpia Edamame sampai dilounching, juga diapresiasi oleh Eni Hidayati, S.TP selaku Kaprodi APHP SMKN 1 Grujugan. 

Eni mengungkapkan, hal ini bisa membuat perubahan baru karena siswa tersebut mampu berinovasi, berkreasi, berdedikasi untuk lingkungan sekitarnya dan memotivasi teman - teman lainnya untuk bisa melakukan hal yang serupa. 

"Jujur ya mas, saya seperti mimpi anak-anak bisa produksi Bakpia Edamame. Anak - anak juga hebat bisa melihat peluang pasar, karena di Bondowoso ini nyaris tidak ada 'pemain bakpia edamame'," ujar Eni dengan wajah sumringah.

Reporter : Chandra
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya UNBK Bebas Hambatan, SMK NU Tenggarang Tasyakuran
Berita Selanjutnya Pra Musda, IPJT Gelar Rapat Persiapan di Kendal

Komentar Anda