Portal Indonesia
Idul adha

PPKIB Hendaki Pemekaran Indramayu Barat Segera Terwujud

berita terkini
Ketua PPKIB bersama anggotanya
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, INDRAMAYU - Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Indramayu Barat (inbar) sebentar lagi akan tercapai. Ini menyusul ketua baru Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) hasil Re Strukturisasi mendesak Provinsi Jawa Barat agar segera merespon keinginan masyarakat yang menghendaki adanya pemekaran kabupaten/kota. Sabtu (30/3/19).

Ketua umum PPKIB hasil Re Strukturisasi, Warsam Mahadie, MA menyatakan, bahwa hasil perjuangan PPKIB bersama masyarakat memang masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Perjuangan masyarakat Indramayu Barat melalui PPKIB selama 18 tahun belum membuahkan hasil yang diinginkan.

"PPKIB menghendaki agar pemekaran Indramayu Barat. Hingga saat ini, harapan itu terus saya gelorakan, salah satunya dengan melakukan Re Strukturisasi Panitia Baru, dan deklarasi dukungan dari semua komponen masyarakat Indramayu Barat pada tgl 17 Agustus 2018 di Kantor PPKIB yang berada di Desa Sumur Adem Kecamatan Sukra" katanya.

Masih menurutnya, Indramayu bagian barat memiliki luas wilayah 108 863 hektare dan terdapat 12 kecamatan yang antara lain Kecamatan Sukra, Patrol, Anjatan, Haurgeulis, Gantar, Kroya, Gabuswetan, Bongas, Terisi, Cikedung, Kandanghaur, dan Kecamatan Losarang. Adapun Kabupaten Indramayu saat ini terdiri dari 31 Kecamatan

Atas kondisi tersebut, panitia melakukan langkah upaya mendasar sesuai dengan aspek Hukum atau Peraturan, pembuatan kelembagaan Panitia, dan mendorong pembangunan sarana prasarana penunjang sebagai syarat pembentukan Indramayu Barat sesuai dengan Daerah Otonomi Baru (DOB) karena pemekaran adalah Amanah Reformasi di Indramayu sampai saat ini masyarakat sudah mengalami kejenuhan belum terwujud.

Pemekaran Indramayu Barat adalah "Amanah Reformasi" yang telah ditetapkan melalui rapat sidang Paripurna DPRD II Kabupaten Indramayu pada Tahun 1999 maka terbentuklah Struktur Kepengurusan PPKIB dibawah kepemimpinan Sukamto,SH selaku ketua Umum PPKIB berjalan secara estafet selama 16 tahun. Selanjutnya pada tanggal 4 Mei 2019, pengurus PPKIB melakukan pemberitahuan melalui surat Nomor 11/A-1/PPKIB/IV/2018 kepada Gubernur Jawa Barat Cq Kabag Otda Jawa Barat dan Ketua DPRD Tingkat I Jawa Barat. "Bukan itu saja, kami dan masyarakat sudah melayangkan surat kepada Pemerintah Pusat," lanjutnya. 

"Harapan kami dan masyarakat yang menghendaki Amanah Reformasi, bisa segera terwujud Indramayu Barat demi kesejahteraan semua lapisan masyarakat dan mendekatkan pelayanan birokrasi." katanya.

Reporter : Manzahari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Aksi Peduli Sosial PJK Purworejo Untuk Korban Banjir
Berita Selanjutnya Kenang Jasa Para Pahlawan, Warga Sumber Katimoho Nobar G30S/PKI 

Komentar Anda