Portal Indonesia
Iklan mubar

Fasilitas UNBK Belum Memadai, SMAN 2 Cibal Pinjam Sekolah Lain

berita terkini
Kepsek SMAN 2 Cibal, Yustus Brahi saat ditemui Portalindonesia.net
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MANGGARAI (NTT) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Cibal, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai - NTT masih menyisakan sejumlah kendala. Salah satunya fasilitas untuk keperluan ujian yang belum tersedia di SMAN 2 Cibal. Sehingga sekolah tersebut terpaksa meminjam fasilitas di sekolah lain.

Pelaksanaaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah tersebut diselenggarakan di SMPN 1 Cibal, karena keterbatasan komputer dan terkendala jaringan internet.

Kepala SMAN 2 Cibal, Yustus Brahi, mengungkapkan sejak pemerintah menerapkan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer, sekolahnya harus pinjam tempat ke sekolah lain.

"Pemindahan ini disebabkan infrastruktur untuk UNBK di sekolah ini belum memadai," ungkap Yustus Brahi, saat jam istirahat pelaksanaan UNBK SMAN 2 Cibal di SMPN 1 Cibal, Senin (01/04/2019).

Secara rinci dia mengatakan, masalah yang dialami sekolahnya belum memiliki ruangan untuk pelaksanaan UNBK. Kemudian tidak ada komputer serta akses internet.

Kendala lainnya, jarak dari SMAN 2 Cibal untuk menuju SMPN 1 Cibal cukup jauh, yakni sekitar 7 kilometer. Hal ini yang memaksa siswa-siswi peserta ujian harus menginap di sekitar komplek pelaksanaan ujian yakni komplek SMPN 1 Cibal.

"Kami menyediakan angkutan umum dan tempat nginap untuk para siswa-siswi peserta ujian," ujar dia

Lebih lanjut Yustus Brahi mengungkapkan, terkait dengan biaya penginapan dan makan bagi peserta UNBK itu ditanggung sendiri, dan pihak sekolah cuman mrnyediakan fasilitas terkait dengan pelaksanaan UNBK.

"Kami sudah sepakat bahwa terkait dengan makan dan tempat nginap bagi peserta UNBK itu ditanggung sendiri. Kami pihak sekolah hanya menyiapkan fasilitas terkait pelaksanaan UNBK. Keputusan ini berdasarkan kesepakatan antara orang tua muritd dan para guru saat melaksanakan rapat komite beberapa bulan lalu," bebernya.

Terkait dengan kendala fasilitas untuk pelaksanaan ujian tersebut, Yustus Brahi mengaku, pihaknya sudah menjelaskan ke dinas pendidikan.

Ia berharap, pemerintah dapat memberikan solusi, seperti pentediaan komputer serta pengadaan akses internet di sekolah tersebut. "Kita harapankan tahun depan tidak perlu pindah ke sekolah lain," pungkasnya.

Untuk diketahui, terhitung sejak hari ini, Senin (01/03/2019), pelaksanaan UNBK tinggal 3 hari lagi. 

 

Reporter : Saifullah/Redaksi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Mengenal Caleg Perindo Ir Komara E.W, Ini Rekam Jejak dan Strategi Kampanyenya 
Berita Selanjutnya KPU Kota Probolinggo Tetapkan 30 Caleg Terpilih, Didominasi Pendatang Baru

Komentar Anda