Portal Indonesia
Iklan mubar

KPUD Mubar: Suket Bisa Digunakan Untuk Memilih

berita terkini
Plh. Ketua KPUD Mubar, Alirun Asa 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara menyatakan surat keterangan (Suket) dapat digunakan untuk memilih pada hari pencoblosan Rabu 17 April 2019.

Menurut Plh. Ketua KPUD Mubar, Alirun Asa, berdasarkan surat edaran KPU RI Nomor: 577/ PL.02.1-SD/01/KPU/III/2019 menyebutkan bahwa Suket dapat digunakan untuk memilih.

"Surat edaran itu terbit pada 29 Maret 2019 dalam rangka menindaklanjuti Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia  (RI) Nomor 20/PUU-XVII/2019. Salah satu diktum dalam putusan MK RI ialah selain E-KTP, Suket juga bisa digunakan untuk memilih. Suket dimaksud harus dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat," ungkapnya. 

Alirun mengatakan putusan lain dari MK RI adalah pengurusan pindah memilih dilakukan sampai tanggal 10 April 2019, pukul 16.00 waktu setempat.

"Kriteria masyarakat  pindah memilih yang dilayani adalah  karena sakit; tertimpa bencana alam; menjadi tahanan karena tindak pidana dan menjalankan tugas pada saat pemungutan suara," bebernya.

Kata dia, yang lebih mendesak lagi ialah KPUD pada Selasa, 2 April 2019 menggelar rapat pleno daftar pemilih tetap (DPT) hasil perbaikan tiga. 

"Tambahan lain yaitu pemungutan dan perhitungan suara dilaksanakan pada dari yang sama, dan dalam hal perhitungan suara belum selesai pada pukul 00.00 waktu setempat maka dapat diperpanjang tanpa jeda paling lama 12 jam sejak berakhirnya pemungutan suara. Secara garis besarnya perintah putusan MK RI seperti itu. Dan dalam waktu dekat ini semua poin-poin diatas akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Mubar," tutur mantan aktivis PMII ini.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Fasilitas UNBK Belum Memadai, SMAN 2 Cibal Pinjam Sekolah Lain
Berita Selanjutnya KPU Kota Probolinggo Tetapkan 30 Caleg Terpilih, Didominasi Pendatang Baru

Komentar Anda