Portal Indonesia
lowongan beriklan

Usai Magang, Begini Cara SMK Al Akhyar Wonokusumo Menguji Siswanya

berita terkini
Siswa SMK Al Akhyar Wonokusumo sedang mengikuti ujian sidang prakerin
222

PORTALINDONESIA.NET, BONDOWOSO - Siswa kelas XI SMK Al Akhyar Wonokusumo, Bondowoso, telah kembali lagi bersekolah, yang sebelumnya menjalani Praktek Kerja Industri (Prakerin) selama 3 bulan lamanya. Selasa (2/4/2019).

Para siswa telah melaksanakan prakerin di dunia usaha dan dunia industri yang telah menjalin kerjasama dengan SMK Al Akhyar Wonokusumo.

Setelah kembali dari prakerin, para siswa diminta untuk membuat laporan Prakerin sebagai bentuk pertanggungjawaban mereka selama di tempat magang. Laporan tersebut juga untuk melihat apa saja yang mereka dapatkan dan kerjakan selama bekerja di tempat magang.

Dalam pembuatan laporan tersebut, siswa mendapatkan bimbingan dari para Guru Pembimbing. Setelah itu, para siswa akan mempresentasikan hasil magang kepada Guru Penguji dan teman-teman se jurusan, atau yang disebut Seminar Prakerin.

Wakil Kepala SMK Al Akhyar Wonokusumo, Bidang Humas dan Industri, Edi Ferdian Ananda S.P mengatakan, pelaksanaan seminar magang bagi Kelas XI TP. 2018/2019 dilaksanakan selama 3 hari, yakni tanggal 1, 2, dan 4 April 2019 di ruang kelas SMK Al Akhyar Wonokusumo.

"Tujuan dari seminar ini untuk mengkroscek penerapan ilmu atau pencapian ilmu saat anak-anak menjalankan kegiatan Prakerin, supaya mereka tidak lepas dari kegiatan yang dihadapi di lapangan” ucapnya.

Menurutnya, lewat seminar ini, siswa yang baru saja menyelesaikan magang dapat dievaluasi kemampuan materi selama mereka magang, dan dilatih cara tampil dan bicara di depan publik.
“Sehingga baik dari hasil magang maupun seminar ini dapat menjadi bekal mereka ilmu ketrampilan atau ilmu pengetahuan yang nantinya bisa diaplikasikan saat mereka bekerja di bidang pertanian” imbuhnya.

Lanjut Edi, seminar ini diikuti 25 orang siswa yang tediri 9 kelompok. Kelompok-kelompok tersebut sebelumnya telah ditempatkan di beberapa perusahaan dan tempat usaha lain yang telah menjadi mitra magang SMK Al Akhyar Wonokusumo.

"Mitra magang tersebut diantaranya di PT Pelangisari Banyuwangi, UPT Makanan dan Minuman Politeknik Negeri Jember, ODL Resto and Cake Bondowoso, dan lain-lain" jelasnya.

Sebelumnya, salah satu Guru Penguji, In Aynatun Roshidah, S. ST., M. ST, menjelaskan, bahwa pada seminar magang ini, ada 5 komponen sebagai dasar penilaian.

“Ada beberapa komponen yang diujikan pada ujian seminar ini, diantaranya kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan, kemampuan siswa dalam penyampaian materi, keaktifan siswa dalam berdiskusi, media yang digunakan dan terakhir adalah kerjasama siswa” bebernya.

Untuk diketahui, kegiatan prakerin merupakan syarat wajib siswa untuk dapat naik ke kelas XII SMK, sehingga ujian seminar merupakan kesinambungan dari urutan kegiatan prakerin, maka seminar ini wajib dilaksanakan.

Reporter : Muhidin
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Jelang Pemilu, Ini Langkah Forkopimka Asembagus
Berita Selanjutnya Pra Musda, IPJT Gelar Rapat Persiapan di Kendal

Komentar Anda