Portal Indonesia
Iklan mubar

Peringati Hari Autisme Sedunia, HIMAPSI UM Purworejo Bagikan Origami Bunga 

berita terkini
Penulis, Nurika (photo sebelah kanan), saat Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo memperingati Hari Autisme Sedunia (photo sebelah kiri).
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo memiliki agenda rutin tahunan untuk memperingati Autism Awareness Day atau yang kita kenal sebagai Hari Autisme Sedunia dengan cara yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun ini, Minggu (7/4), HIMAPSI membagikan Origami Bunga sebagai symbol Kepedulian terhadap anak-anak autis di sebelah barat Alun-alun Purworejo, tepatnya di seberang Kantor Satlantas Polres Purworejo. 

Menurut Ketua Panitia, Desto Hanggoro Lukman mengatakan, tema yang diangkat pada acara ini adalah "Achieve your dream and Colour your world".

"Tema tersebut berisi harapan agar penderita autisme bisa mendapatkan hak-hak mereka seperti orang lain, termasuk di dalamnya hak untuk mengakses teknologi, hak mendapatkan fasilitas yang sama, dan yang paling utama adalah hak untuk menjadi diri mereka sendiri dalam menggapai cita-citanya dan mewarnai dunia," ungkapnya. 

Selain membagikan Origami berbentuk Bunga, mahasiswa juga membagikan sticker berisi kepedulian terhadap anak-anak autis. Disamping itu, terdapat juga acara menulis harapan di Pohon Impian, Konsultasi Psikologi dan Pentas Musik dari mahasiswa. 

Dalam acara menulis harapan di Pohon Impian, pengunjung diminta menuliskan harapan-harapan ataupun kalimat motivasi bagi para penderita autisme. Kemudian tulisan tersebut digantungkan di Pohon Impian. 

Pohon Impian tersebut, selanjutnya akan diserahkan ke Sekolah Luar Biasa (SLB) yang telah ditentukan sebelumnya. 

Antusiasme pengunjung pada bagian Konsultasi Psikologi juga sangat kentara, terbukti beberapa dari mereka rela mengantri untuk mendapatkan giliran. Sedangkan Pentas Musik yang digelar sekaligus untuk menggalang dana sukarela dari para pengunjung dan pejalan kaki yang nantinya akan digunakan untuk pembelian buku yang akan diserahkan kepada SLB yang telah ditentukan. 

Sementara itu, Ibu Itsna Iftayani M.A., selaku Ketua Progam Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo yang saat itu hadir di lokasi, menjelaskan bahwa Autisme merupakan gangguan Neurologis. "Para penderita Autisme sering melakukan tindakan yang berulang-ulang, tantrum, dan terkadang berteriak," jelasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, HIMAPSI mendorong masyarakat sekitar baik keluarga ataupun lingkungan masyarakat yang terdapat penderita Autisme di sekitarnya, agar dapat lebih peka dan memahami kondisi mereka. 

Kegiatan yang digelar HIMAPSI Universitas Muhammadiyah Purworejo tersebut mendapat apresiasi para pengunjung, diantaranya dari Ayura dan Mita. Mereka berharap agar anak-anak autis dapat diperlakukan dengan lebih baik dan mendapatkan hak-hak mereka yang setara.

"Berhenti menggunakan kata Autis untuk mengolok-olok merupakan langkah awal yang bisa kita lakukan. Mereka berbeda, namun mereka juga berhak menggapai mimpi yang mereka punya dan mewarnai dunia," pungkasnya. (Nurika) 

Catatan
Penulis merupakan Mahasiswa S1 Psikologi Universitas Muhammadiyah Purworejo (2018 - sekarang)

Reporter : Tim / Redaksi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Safari Toleransi Kiat PSI Gaet Pemilih Milenial
Berita Selanjutnya KPU Kota Probolinggo Tetapkan 30 Caleg Terpilih, Didominasi Pendatang Baru

Komentar Anda