Portal Indonesia
lowongan beriklan

Peringati Bulan Sya'ban, Mushola TPQ Al Muhsin di Purworejo Gelar Khotmil Qur'an

berita terkini
Saat santri pentas di acara Khotmil Qur'an di area Mushola TPQ Al Muhsin Kelurahan Lugosobo Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
222

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Dalam rangka meningkatkan ukhuwah Islam dan memperingati Bulan Sya'ban (Ruwah) 1440 Hijriyah, Mushola TPQ Al Muhsin, RT 01 RW 04 Kelurahan Lugosobo Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, mengadakan Khotmil Qur'an dan Pengajian Akbar, Sabtu (13/4/2019) malam 

Pengasuh TPQ Al Muhsin, Ustad Ridwan, S.Pd.I mengatakan, Khotmil Quran beserta ruwahan di RT 01 RW 04 Kelurahan Logosobo Kecamatan Gebang ini, diadakan 2 (dua) tahun sekali. Dalam rangkaian acara ini, juga diadakan pengajian akbar.

"Seperti malam ini, yang khatam Al Qur'an ada 4 orang santri, yakni satu orang santriwan dan 3 orang santriwati. Empat orang santri ini, antara lain Daniel Aska Al Farid putra dari Bapak Ridwan, Nur Nestri putri dari bapak Muslim, ketiga Fara Alfa Qaireen Nisa putri Bapak Fajar Haryadi dan yang ke empat adalah Indah Musyarofah putri dari Bapak Wahid," tuturnya. 

Menurut Ustad Ridwan, sebentar lagi Ramadhan tiba. Suka cita menyambut Ramadhan dimulai dengan datangnya bulan Syaban. Bulan Syaban memiliki berbagai keutamaan amalan sunah yang agung. Bulan Sya'ban berada antara bulan Rajab dan Ramadhan, yakni setelah Rajab dan sebelum Ramadhan. 

"Salah satu keistimewaan bulan Sya'ban adalah nisfu Sya'ban. Malam Nisfu Sya'ban jatuh pada pertengahan bulan Syaban, yakni tanggal 15 Hijriah. Pada malam Nisfu Sya'ban tersebut dianjurkan memperbanyak ibadah dan amalan. Selain itu umat Islam juga dianjurkan berpuasa pada bulan Sya'ban. Di malam Nisfu Sya'ban itu memiliki banyak keistimewaan, di antaranya adalah Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya, kecuali orang yang menyekutukan Allah dan yang bertengkar namun saat malam Nisfu Syaban belum juga berdamai," tuturnya. 

Lanjut Ustad Ridwan, apabila melihat kalender yang sudah beredar di masyarakat, maka bulan Sya'ban telah jatuh pada tanggal 7 April lalu. "Artinya pada tanggal tersebut sudah bisa melaksankan puasa Sya'ban. Sementara malam Nisfu Syaban, menurut perhitungan akan jatuh pada Minggu malam Senin tanggal 21 April mendatang," bebernya.

Masih menurut Ustadz Ridwan, melalui momen kegiatan yang diadakan di bulan Ruwah atau Sya'ban ini, ada permohonan doa - doa. "Mrnjelang Ramadhan ini, kita mengirimkan doa untuk para almarhum almarhumah leluhur kita, orang orang tua kita, embah - embah (kakek nenek) kita yang sudah meninggal lebih dahulu. Hal ini sudah tradisi setiap menghadapi bulan Ramadhon. Tradisi Ruwahan ini selalu diadakan tidak hanya di RT 01 RW 4 saja, tapi hampir di seluruh RT RW lain di Kelurahan Lougosobo juga mengadakan ruwahan" bebernya.

Ia berharap dengan adanya pengajian ini, nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT semakin meningkat.

"Kita ibarat HP, kalau baterai tidak kita cas, lama-lama tentu akan ngedrop. Nah...pengajian ini untuk mengecas keimanan kita, mengecas lagi keilmuan kita yang mana dalam kesetiap harinya kita lupa, kita lengah dengan keimanan. Lewat pengajian ini, kita gugah, kita bangunkan kembali keimanan kita," tegasnya.

Dalam acara Khotmil Quran dan pengajian tersebut, menghadirkan mualaf dari Kecamatan Purwodadi, yakni KH. Romli Hasan.

Di tempat terpisah, Kepala Kelurahan Lugosobo Sugeng Darmawan S.Sos menyampaikan atas nama pemerintahan desa setempat akan selalu mensupport demi terselenggaranya Khotmil Quran dan Pengajian Akbar tersebut.

"Semoga dengan terselengaranya acara ini, kita menjadi lebih bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," ungkapnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Hari Terakhir Kampanye TKD Kota Malang Gelar 2000 Paket Sembako Murah
Berita Selanjutnya Pra Musda, IPJT Gelar Rapat Persiapan di Kendal

Komentar Anda