Portal Indonesia
lowongan beriklan

Antisipasi Politik Uang, Bawaslu Situbondo Gelar Apel Akbar

berita terkini
Ribuan pengawas TPS, pengawas desa, pengawas Kecamatan dan pengawas Kabupaten saat mengikuti apel akbar di alun-alun Situbondo
222

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Dalam rangka patroli pengawasan politik uang di Kabupaten Situbondo, badan pengawas pemilu, Minggu (14/04/2019), menyelenggarakan apel akbar sebanyak 2.434 pengawas TPS, pengawas desa, pengawas Kecamatan dan pengawas Kabupaten yang di terjunkan ke beberapa titik-titik wilayah di Situbondo.

Apel akbar yang di gelar di Alun-alun Kabupaten Situbondo dilaksanakan agar beberapa persiapan menghadapi hari pencoblosan semakin mantap dan kondusif, persiapan itu juga untuk antisipasi munculnya politik uang dalam Pemilu 2019.

Murtapik Ketua Bawaslu Situbondo mengatakan apel akbar ini diselenggarakan untuk tolak politik uang apalagi menjelang masa tenang yang dominan lebih besar untuk melakukan praktek uang sehingga patroli ini perlu dilakukan.

"Memasuki hari tenang saat ini masyarakat diharapkan untuk tidak terpengaruh terkait berita yang tidak benar kejelasannya untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Situbondo", katanya.

Murtapik menambahkan, ribuan pengawas pemilu ini yang nantinya akan dikerahkan berpatroli selama 24 jam di wilayah tugas masing-masing. Sebab menurut Murtapik, hingga kini praktik politik uang diduga masih marak terjadi di Situbondo. 

"Sejauh ini memang belum ada temuan terkait adanya praktik politik uang yang dilakukan oleh pelaksana kampanye, peserta kampanye maupun tim kampanye. Namun, dengan diterjunkan pengawas ini kami harap dapat mengantisipasi", imbuhnya.

Bawaslu Kabupaten Situbondo memastikan pihaknya tidak akan main-main dengan pelanggaran politik uang. Jika nantinya ditemukan adanya praktik politik uang dan terbukti, maka Bawaslu tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas.

Pantauan, apel akbar tersebut dihadiri oleh Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono SH.,S.I.K.,M.H, Komandan Kodim 0823 Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa SE.M.I.,Pol, Perwakilan Kejari Situbondo, Forkopimda, Ketua KPU Situbondo, Marwoto, Ketua Bawaslu Situbondo Murtapik S.Sos.

Reporter : Arief Yuda Pranata
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Komnasdik Bondowoso Apresiasi Produk Siomay SMKN 1 Grujugan
Berita Selanjutnya Pra Musda, IPJT Gelar Rapat Persiapan di Kendal

Komentar Anda