Portal Indonesia
ramadhan

Begini Suasana Pencoblosan di TPS Dusun Bretan Selowogo  

berita terkini
Suasana Pencoblosan di TPS 15, Dusun Bretan Desa Selowogo Bungatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 
222

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Secara serentak, proses pencoblosan Pemilu untuk Pilpres, Puleg, dan DPD RI sudah mulai dilakukan di seluruh TPS di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Situbondo, salah satunya di TPS 15 yang berada di Dusun Bretan Desa Selowogo Kecamatan Bungatan. Rabu (17/4/2019) pagi. 

Pantauan portalindonesia.net di TPS 15 Desa Selowogo, terlihat para pemilih sudah mulai berdatangan di TPS tersebut sejak pukul 07.00 WIB.

Mereka datang beramai-ramai untuk melakukan pencoblosan di TPS itu. Suasana terasa sejuk, damai, aman dan kondusif. Tampak juga di TPS 15 dua anggota Linmas (Hansip) berjaga di pintu masuk di pintu masuk dan pintu keluar. 

Bagi pemilih yang telah terdaftar dalam DPT dan menerima C6 (surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih) saat di pintu masuk TPS langsung menyerahkan C6 ke panitia TPS dan mengisi daftar hadir. Pemilih lalu menunggu giliran. 

Setelah itu, panitia memanggil nama pemilih dan memberikan lima surat suara yaitu Presiden dan Wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Jawa Timur dan DPRD Kabupaten Situbondo.

Ketika telah mendapatkan surat suara, pemilih menuju bilik suara untuk mencoblos pilihannya dengan paku di atas alas coblos yang telah disediakan. 

Selanjutnya, pemilih memasukan surat suara kedalam masing-masing kotak suara secara berurutan sesuai dengan jenis pemilihannya, dibantu oleh anggota KPPS yang berada dekat dikotak suara. Surat suara pertama yang dimasukkan yaitu, Presiden dan Wakil Presiden, Surat Suara DPR, Surat Suara DPD, Surat Suara DPRD Provinsi dan Surat Suara DPRD Kabupaten/Kota.

Setelah itu, pemilih sebelum meninggalkan TPS, mencelupkan salah satu jari kelingking ke dalam tinta sebagai tanda bahwa pemilih telah menggunakan hak pilihnya. 

"Alhamdulillah, saya sudah menunaikan hak pilih saya dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini," ungkap Masudi (31) warga setempat, saat ditemui portalindonesia.net di lokasi TPS 15 Desa Selowogo. 

Reporter : Abdul Hakim
Editor : -
444
Berita Sebelumnya Destinasi Wisata Curug Kaliurip di Kabupaten Purworejo Resmi Dibuka
Berita Selanjutnya Diundang Bukber, Ratusan Janda Jompo dan Belasan Anak Yatim di Desa Sumber Wringin Terima Santunan

Komentar Anda