Portal Indonesia
Idul adha

Surat Suara Tertukar, Pencoblosan Dibeberapa TPS di Situbondo Tertunda

berita terkini
Warga saat antre di TPS 38 di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. (Photo Istimewa)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Tiga TPS di Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bermasalah. Surat suara DPRD kabupaten/kota untuk Situbondo Dapil 3 tertukar dengan surat suara DPRD kabupaten/kota dari Situbondo Dapil 4. Rabu (17/4/2019).

Akibatnya, proses pencoblosan di tiga TPS tersebut harus dihentikan hingga surat suara dipenuhi olek PPK Kecamatan Banyuputih dan PPS Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih.

Informasi dihimpun portalindonesia.net, dari 54 TPS di Desa Sumberanyar, tiga diantaranya bermasalah, yakni di TPS 37, TPS 38 dan TPS 39. Bahkan, sebagian surat suara di dua TPS, yakni di TPS 37 dan 38 ada yang sudah tercoblos. 

Surat suara tersebut diketahui tertukar, baru diketahui pada pukul 08.17 WIB, yakni saat salah satu calon pemilih akan mencoblos yang kebetulan calon berikut letak TPS nya berada di Dusun Mimbo Desa Sumberanyar. Namun setelah dicek, ternyata tidak ada nama calon yang hendak dicoblos pada surat suara.

Kontan membuat para simpatisan mendatangi tempat pemungutan suara, agar ditutup hingga surat suara di Dapil 3 DPRD kabupaten/kota dipenuhi. Selama tiga jam surat suara baru bisa terpenuhi, oleh petugas PPK dan PPS ke masing masing TPS.

Mairani, calon pemilih tetap asal dusun setempat, mengatakan warga masih banyak yang nunggu. "kurang surat suaranya pak. Awalnya tertukar, ini diketahui kalau calon yang mau saya pilih tidak ada. Untuk sementara warga disini agar pencoblosan dihentikan sampai surat suara DPRD Kabupaten Kota dipenuhi," ucapnya.

Ali Romsi PPK Kecamatan Banyuputih melalui pesan singkatnya membenarkan, namun sampai saat ini, ia (Ali Romsi) menyampaikan bahwa hal tersebut sudah teratasi, dengan memberikan surat suara yang diambilkan dari TPS lain di Desa Sumberanyar. 

"Pengambilan surat suara di TPS lain dengan mengacu pada berapa C6 yang dikembalikan maka sebanyak itulah surat suara yang diambil dari TPS, kemudian diserahkan ke TPS yang surat suaranya tertukar. Yang diambil hanya surat suara DPRD kabupaten/kota," terangnya.

Reporter : Sarwo Edy
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Ini Pesan Wawali Kota Malang Saat di TPS 70
Berita Selanjutnya Kenang Jasa Para Pahlawan, Warga Sumber Katimoho Nobar G30S/PKI 

Komentar Anda