Portal Indonesia
ramadhan

Menyambut Peringatan Hari Kartini, SMPN 18 Purworejo Gelar Upacara dan Sejumlah Lomba

berita terkini
Siswa SMPN 18 Purworejo melaksanakan upacara untuk memperingati hari Kartini di lapangan SMPM 18 Purworejo.
222

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Peringatan hari Kartini masih beberapa hari lagi, namun gelaran acara untuk memperingati perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini dalam berjuang membela kaum perempuan mulai menggeliat. Seperti yang dilakukan oleh SMPN 18 Purworejo, Jawa Tengah. 

Dalam menyambut peringatan hari Kartini, pada tahun ini, SMPN 18 Purworejo menggelar upacara dan sejumlah lomba, diantaranya lomba menyanyi (paduan suara) dan fashion show Putri Kartini. Kamis (18/4/2019). 

Sebelum lomba digelar, para siswa dan guru mengikuti upacara bendera. Saat upacara, mereka mengenakan busana tradisional atau adat sebagai wujud untuk menguatkan jiwa nasionalisme. Terlebih saat upacara, semua petugas upacara tampak sebagai Kartini Kartini muda SMPN 18 Purworejo.

Usai melaksanakan upacara, siswa dari masing - masing perwakilan kelas 7, 8 dan 9 mengikuti lomba yang bertempat di halaman ruang laboratorium SMPN 18 Purworejo. Dalam pelaksanaan lomba yang digelar sederhana itu, berlangsung semarak dan meriah. 

Kepala SMPN 18 Purworejo, Tarmiyah Temu, S.Pd, MPd, menuturkan kegiatan lomba - lomba yang digelar kali ini, bukan saja untuk mengenang jasa kepahlawanan Kartini, namun juga diharapkan bisa merefres atau menyegarkan kembali bagi siswa kelas 9, yang akan segera menghadari UNBK pada Senin mendatang.

"Lomba menyanyi digelar sebagai bentuk motivasi bagi siswa untuk bisa meneladani perjuangan Kartini. Sedangkan lomba peragaan busana adat Jawa (fashion show) Putri Kartini SMPN 18 bertujuan mengenalkan budaya tradisi Jawa sekaligus memberikan pemahaman terhadap anak didik tentang perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan kaum perempuan," jelasnya. 

Lebih lanjut, Tarmiyah mengatakan, kegiatan peringatan hari Kartini memang telah menjadi kegiatan rutin tiap tahun di SMPN 18 Purworejo. "Dengan memperkenalkan perjuangkan RA Kartini, dimana pada masa perjuangannya itu, akan menggugah anak didik yang nantinya diharapkan anak didik menjadi semakin semangat belajar, guna mencapai cita-citanya," beber Tarmiyah.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Pos Lanal Marinir Pusong Lama Dirusak Massa
Berita Selanjutnya Diundang Bukber, Ratusan Janda Jompo dan Belasan Anak Yatim di Desa Sumber Wringin Terima Santunan

Komentar Anda