Portal Indonesia
Idul adha

Wow..!! Butuh 16 Jam Selesaikan Rekapitullasi Surat Suara di TPS

berita terkini
Suasana disebuah TPS di Kota Malang Saat proses rekapitulasi surat suara.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Satu hari setelah proses pencoblosan pemilu usai digelar, tidak membuat pekerjaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) langsung selesai. KPU, secara mekanisme harus melakukan perekapan hasil coblosan dari tiap - tiap TPS, Kamis (18/4/2019).

Pantauan portalindonesia.net, proses rekapitulasi surat suara pada pukul 06.00 WIB, terlihat masih terjadi hampir disemua TPS di Kota Malang. Sehingga proses rekapitulasi surat suara tersebut menunjukkan butuh waktu cukup lama, dan untuk menuntaskan penghitungan serta perekapan di satu TPS diperkirakan membutuhkan waktu hampir 22 jam.

Ketua Kelompok Panitia Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 05 Kelurahan Kidul Dalem Kecamatan Klojen, Ana menuturkan, dalam proses merekap data surat suara mengalami kesulitan. "Dalam satu form, ada 6 rangkap yang harus diselesaikan dan semua harus diisi serta ditandatangani oleh semua anggota KPPS maupun saksi partai yang hadir di TPS," ungkapnya.

Hal senada juga di rasakan Evi Widyasari selaku Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) 05. Ia mengatakan, untuk mengerjakan rekap data surat suara membutuhkan waktu cukup lama, yakni mulai jam 8 malam (pukul 20.00 WIB) sampai jam 4 subuh (pukul 04.00 WIB).  Dalam proses merekap data surat suara tersebut, ia (Evi) merasa kesulitan dan kelelahan. 

"Kami mohon kepada KPU untuk mekanisme penghitungan surat suara serta perekapan data agar bisa lebih efisien dan dipermudah," harap Evi.

Keluhan dan harapan tersebut, juga ditemukan dibeberapa TPS lain yang dikunjungi kontributor portalindonesia.net.

Untuk diketahui, suasana di Kota Malang saat pencoblosan sangat kondusif dan tidak ditemukan gangguan keamanan yang berarti. Antusias warga juga cukup tinggi untuk menggunakan hak pilihnya di TPS, mengindikasikan bahwa partisipasi dan kehadiran calon pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) rata - rata diperkirakan mencapai 75 persen. 

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Menyambut Peringatan Hari Kartini, SMPN 18 Purworejo Gelar Upacara dan Sejumlah Lomba
Berita Selanjutnya Jalan Sehat dan Bazar Warga Jl Greja Semarakkan HUT ke-74 RI di Kota Malang  

Komentar Anda