Portal Indonesia
ad

Permasalahan Seputar Pemilu Serentak Masih Terjadi

berita terkini
Suasana rekapitulasi di salah satu kecamatan di kota Malang.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Permasalahan pemilu 2019 belum berhenti.Mulai waktu rekapitulasi surat suara yang membutuhkan waktu hingga 16 jam yang akibatkan adanya laporan meninggalnya petugas KPPS di beberapa daerah.

Permasalahan tidak hanya saat di TPS akan tetapi juga timbul rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan di kota Malang. Dalam proses rekapitulasi surat suara di Kota Malang, masih banyak ditemukan kesalahan penulisan jumlah Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB) yang di tulis di form Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Terpantau di kecamatan Klojen kota Malang kesalahan tersebut mempengaruhi kelancaran proses rekapitulasi surat suara.

"Salah satu faktor yang sebabkan kesalahan perhitungan jumlah surat suara serta penempatan jumlah DPTB yang salah dikarenakan petugas KPPS alami kelelahan ketika harus melakukan tugas sampai hampir 22 jam penuh di TPS," ujar salah satu KPPS yg tidak mau di sebutkan namanya.

Ia berharap agar KPU kedepannya bisa membuat formula yang memudahkan kerja KPPS agar bisa menekan kesalahan saat proses rekapitulasi di TPS. "Dan, yang terpenting guna menghindari timbulnya korban jiwa yang di akibatkan oleh sistem rekapitulasi dan perhitungan surat suara seperti di pemilu serentak tahun ini," pungkasnya.

Mulai Jumat (19/04/2019) hampir diseluruh kecamatan di Indonesia mengadakan rekapitulasi dan perhitungan surat suara. Diperkirakan proses ini akan berlangsung 5 hari kedepan.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya PPK Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di Kecamatan Asembagus
Berita Selanjutnya Kesbangpol Tegaskan Investor Jangan Takut Tanamkan Modal di Probolinggo

Komentar Anda