Portal Indonesia
Idul adha

Peringatan Hari Kartini di Pasar Cangkruk Bogowonto Diwarnai Tari Lingkungan

berita terkini
Saat para penari tampil di acara peringatan Hari Kartini yang berlokasi di area jembatan Bogowonto. (Photo Istimewa)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kartini, dan juga untuk meramaikan pasar kuliner cangkruk jembatan Bogowonto, sejumlah kegiatan pada Minggu (21/4/2019) telah digelar di pasar tersebut. 

Koordinator acara, Wuri menjelaskan, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kartini, dan juga untuk meramaikan pasar kuliner cangkruk jembatan Bogowonto, pihaknya menggelar sejumlah pementasan kegiatan, diantaranya penampilan drumband TK Pembina Bagelen, senam ibu ibu Bagelen, lomba fashion show Kartini dan penampilan tari lingkungan oleh sejumlah siswa SDN Jenar Lor Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo 

Sama seperti pada minggu minggu sebelumnya, kemeriahan sejumlah pementasan seni di pasar kuliner cangkruk jembatan Bogowonto, akan mampu membangkitkan semangat bagi masyarakat untuk menumbuhkan ekonomi warga melalui pasar kuliner cangkruk jembatan Bogowonto.

Pasar kuliner cangkruk jembatan Bogowonto yang melibatkan lima desa di kecamatan Bagelen itu, sengaja digelar untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan diwilayah Bagelen. Sekaligus sebagai tindak lanjut dari Festival Bogowonto dalam mengajak kepada masyarakat dalam kepedulianya terhadap Sungai Bogowonto serta membuka pasar kuliner baru menghadapi dibukanya bandara Unternasional New Yogyakarta di Kulonprogo.

Sementara dalam penampilan tari lingkungan yang dilakukan oleh sejumlah siswa SDN Jenar Lor yang ikut ambil bagian untuk memeriahkan peringatan Hari Kartini di pasar kuliner cangkruk jembatan Bogowonto Bagelen tersebut, telah membuat para penonton dan penikmat kuliner di pasar cangkruk itu terpukau. Melalui gerak tari yang dimainkan, siswa SD itu mengajak serta mensosialisasikan tentang kebersihan lingkungan.

Kepala SDN Jenar Lor Kecamatan Purwodadi, Budi Emi Triani mengatakan, tari lingkungan yang diperankan anak didiknya tersebut adalah tari yang menceritakan tentang kebersihan. Hampir semua gerak dan koreografi tari menceritakan tentang bagaimana dan cara melakukan kebersihan lingkungan.

"Tari itu dinggap penting sebagai bentuk ajakan dan sosialisasi terhadap masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan, agar terhindar dari marabahaya penyakit," katanya. 

Menurut Budi, tari hasil kreasi siswa yang telah diinovasi itu sengaja dikenalkan ke masyarakat, lantaran SD Jenar Lor merupakan SD Adiwiyata.

"Tari itu juga telah mengantarkan siswa SD Jenar Lor, meraih juara satu dalam ajang lomba pesta siaga tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2019 dan maju di tingkat Karisidenan Kedu," ujarnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya PPK Kecamatan Cibal Gelar Rapat Pleno 
Berita Selanjutnya Jalan Sehat dan Bazar Warga Jl Greja Semarakkan HUT ke-74 RI di Kota Malang  

Komentar Anda