Portal Indonesia
Habibie

Pemungutan Suara Ulang 3 TPS di Situbondo, Ini Penyebabnya

berita terkini
Kapolres bersama Dandim saat tinjau PSU di TPS 01 Awar Awar
ad

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO- Disejumlah TPS di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (27/4/2019). Hal ini dikarenakan ada pemilih luar kota yang ikut mencoblos pada pelaksanaan Pemilu 17 April lalu.

Berdasarkan rekomendasi Bawaslu, PSU digelar di 3 TPS, diantaranya TPS 1 Desa Awar-Awar Kecamatan Asembagus, TPS 22 dan 25 Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji.
 
Ketua PPK Asembagus Bambang Yulianto menjelaskan, bahwa PSU di TPS 1 Awar Awar dilakukan karena ada 2 orang pemilih dari luar kota yang memakai KTP, masing - masing ber-KTP Banyuwangi dan Tangerang, Banten. Pada saat itu yang menggunakan hak pilih 196 dari 226 DPT plus 2 pemilih luar kota.

"Hasil perolehan akhir untuk Pilpres nomor paslon 01 mendapat 67 suara dan paslon 02 dapat 103 suara, yang tidak sah ada 6 suara. Maka jumlah surat suara terpakai sejumlah 176 surat suara," katanya usai penghitungan di TPS.

Menurut Ketua KPPS TPS 1 Awar-awar, tingkat kehadiran pemilih 78 persen. "Yang 6 orang yang pake KTP ada yang kuliah ada yang kerja, jadi gak hadir. Ada juga yang kerja ke Bali, Surabaya, Jember serta Lumajang. Yang penduduk lokal sendiri antusias, antrinya justru pagi sebelum pencblosan dibuka," terangnya.

Sementara itu, ketua KPUD Situbondo Marwoto menyatakan jika pihaknya sudah memprediksi sebelumnya bila tingkat kehadiran pemilih pada PSU akan berkurang. "Ya, dikisaran 60-70 persenlah," ucapnya.

Dalam penanganan kegiatan PSU ini, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, 
menambah perkuatan personil pengamanan di masing-masing TPS sebanyak 10 personil ditambah lagi regu patroli gabungan Polres dan Polsek Jajaran.

Kapolres menyampaikan pengamanan PSU diperketat untuk mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi selama kegiatan berlangsung.
 
“Untuk 3 TPS yang digelar PSU selain personil Pam TPS dan Linmas ditambah lagi kekuatan personil pengamanan untuk keamanan, ketertiban dan kelancaran,“ ucap Awan.

Di TPS 1 Awar Awar, personil pengamanan terdiri dari puluhan anggota TNI Polri jajaran Polsek wilayah Timur yang meliputi Polsek Arjasa, Jangkar, Banyuputih, Asembagus dan dipimpim langsung Kapolsek Asembagus AKP Hariyono.

Reporter : Sarwo Edy
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Manfaat KSP Ricco Mandiri Bagi Warga Manggarai NTT
Berita Selanjutnya Habis Menyantap Jamur, Sekeluarga di Purwokerto Keracunan

Komentar Anda