Portal Indonesia
Iklan mubar

May Day Ratusan Buruh dan Mahasiswa Gelar Panggung Aspirasi

berita terkini
Saat para buruh dan mahasiswa menggelar aksi hari buruh internasional di gerbang Balaikota Malang.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MALANG RAYA - Mulai 01-05-2014 pemerintah Indonesia menetapkan hari buruh 1 Mei sebagai hari libur nasional. Di kota Malang, hari buruh di pusatkan didepan Balaikota dan gedung DPRD. Rabu (1/5/19).

Pantauan kontributor Portal Indonesia, jalan didepan balaikota Malang pada pukul 09.00 WIB mulai padati massa buruh dan mahasiswa yang tergabung HMI, GMNI, PMII. Massa tersebut diperkirakan berjumlah sekitar 500 orang.

Dalam aksinya, mereka juga menggelar panggung aspirasi buruh. Secara bergantian, para buruh berorasi sampaikan tuntutan dan harapan mereka.

Salah satu buruh yang ikut suarakan tuntutannya, Abas mengatakan, presiden dan wakil rakyat yang telah terpilih agar bisa memperhatikan nasib buruh serta mensejahterakan mereka. "Kami minta agar sistem kerja outsourcing dihapus, dan upah layak masih tetap jadi tuntutan buruh di seluruh Indonesia," katanya.

Sementara itu, Denis seorang mahasiswa bersama teman - temannya mengaku tergerak ikuti aksi hari buruh karena melihat nasib buruh di Indonesia hingga kini belum mendapatkan perhatian dari pemerintah mulai dari upah yang tidak seimbang hingga banyaknya Pemutusan Hak Kerja (PHK) sepihak oleh perusahaan maupun pabrik tempat mereka bekerja.

Untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan dalam aksi hari buruh di kota Malang, Polresta setempat menyiagakan 200 petugas kepolisian dibantu TNI dan Satpol PP guna mengamankan aksi demontrasi tersebut hingga massa membubarkan diri pukul 16.00 WIB.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya PKB Menang Pileg, Ketua DPRD Bondowoso?
Berita Selanjutnya KPU Kota Probolinggo Tetapkan 30 Caleg Terpilih, Didominasi Pendatang Baru

Komentar Anda