Portal Indonesia
Habibie

Bupati Salwa Minta Sekolah Terapkan Pendidikan Berbasis Digital

berita terkini
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat upacara Hardiknas di Alun-Alun Bondowoso, Kamis (2/5/2019).
ad

PORTALINDONESIA.NET, BONDOWOSO - Bupati Bondowoso Salwa Arifin menekankan pentingnya penerapan pendidikan berbasis teknologi informasi. Khususnya di sekolah-sekolah di Bondowoso.

“Revolusi industri 4.0, telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja dan belajar,” ungkapnya saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019, di Alun-alun RBA Ki Ronggo Bondowoso, Kamis (2/5/19). 

Dia berpesan agar peserta didik memiliki karakter seperti pendahulu bangsa agar memiliki kemampuan berdaptasi dengan perubahan global. 

“Sekolah dan para buruh harus mampu menerapkan pedidikan berbasis digital, yang dipadukan dengan sentuhan budaya Indonesia,” jelasnya. 

Selain itu, tripusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat, harus saling mendukung agar menghasilkan peserta didik yang berkarakter, berakhlak mulia serta mandiri dan trampil. 

“Tema Hardiknas tahun ini merupakan refleksi dari pesan penting Ki Hadjar Dewantara, tentang hubungan erat pendidikan dan kebudayaan, dalam menciptakan ekosistem pendidikan,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Harimas menjelaskan, bahwa Hardiknas ini merupakan momentum untuk terus berkonsolidasi. 

“Baik itu konsolidasi organisasi, atau konsolidasi personil. Dalam rangka pendidikan di Bondowoso ini lebih baik,” katanya. 

Dia juga menjelaskan, bahwa angka rata-rata lama sekolah yang tiga bulan lalu berada di angka 5,5 tahun. Sekarang sudah meningkat menjadi 5,67 tahun. 

“Sesuai dengan perintah bupati dan wakil bupati, dalam jangka waktu dua tahun harus bisa naik menjadi angka tujuh atau delapan. Walau pun rasanya sangat sulit sekali,” jelasnya. 

Maka untuk itu, pihaknya akan berkonsolidasi atau membangun kekuatan untuk meningkatkan pendidikan, baik pendidikan yang negeri, swasta, termasuk pendidikan formal, dan kejar paket A, B dan C. 

“Kita tahu masih banyak kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi. Baik yang berbentuk administrasi, maslah personil, tutor dab sebagainya. Ini perlu kita upayakan,” akunya. 

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019, mengangkat tema ‘Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan’. Hadir dalam peringatan di Bondowoso, Ketua DPRD H Tohari, Plt Sekda Agung Trihandono, camat, kapal OPD dan insan-insan pendidikan. 

Reporter : Eko Setia Budi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Ratusan Siswa MTsN 4 Aceh Utara Ikuti Acara Perpisahan
Berita Selanjutnya Kanwil Kemenag Tangerang Gelar Jalan Sehat Kebangsaan

Komentar Anda