Portal Indonesia
Iklan mubar

Gedung Baru RSUD dr. Ben Mboi Ruteng Diresmikan Bupati Manggarai, Ini Fungsinya 

berita terkini
Direktur RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, dr. Elisabeth F. Adur
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, RUTENG NTT - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ben Mboi Ruteng, kini memiliki gedung baru lantai 3, dan telah diresmikan langsung oleh Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH, MH. 

Direktur RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, dr. Elisabeth F. Adur, saat acara peresmian gedung, mengatakan pembangunan pertama kali dilakukan pada tahun 2016, dan selesai tahun 2018.

Dijelaskan, peruntukan dan fungsi gedung di masing-masing lantai, diantaranya lantai pertama difungsikan sebagai kamar bersalin. "Sedangkan lantai dua dan tiga, masing-masing diperuntukan sebagai ruangan perawatan setelah bersalin dan ruangan perawatan untuk pasien ginekologi," terang dr. Elisabeth, Selasa (14/5/2019). 

Untuk ruang bedah sentral, kata dr. Elisabeth, terdiri dari 2 lantai. "Ruang intensive unit care (ICU) ada di lantai pertama dan untuk kamar operasi ada lantai dua," imbuhnya. 

Ia juga mengatakan, sebagai rumah sakit rujukan regional, RSUD dr Ben Mboin melayani rujukan dari 3 wilayah Manggarai dan Ngada. Di RSUD ini memiliki 137 tempat tidur dengan BOR atau angka penggunaan tempat tidur (thn 2018, 79%) sedangkan jumlah kunjungan ruangan nifas 4409 orang (obstetri 3898 orang 11-12 orang/harid dan ginekologi 502 orang 1-2 orang/hari) dengan BOR 110%. "Sedangkan untuk kamar bersalin jumlah kunjungan 2674 orang (7-8 pasien)," lanjutnya. 

"Untuk kamar oprasi jumlah tindakan operasi 3041 orang yang terdiri dari bedah (320 orang) Obgin (2695 orang) dan THT (26 Orang) rata-rata tindakan operasi 8-9 orang yang dilayani oleh 2 kamar operasi," bebernya. 

dr. Elisabeth berharap, dengan difungsikan kedua gedung tersebut dapat memberikan pelayanan yang layak, memadai dan sesuai dengan standar pelayanan. "Diharapkan juga dapat menambah semangat bagi para dokter spesialis dan dokter umum serta para perawat yang bertugas di RSUD dr. Ben Mboi," harapnya. 

(Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH, MH.)

Sementara itu Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus mengatakan, dengan adanya peresmiaan gedung baru, dapat melayani masyarakat secara maksimal. "Baik memberi pertolongan rawat jalan mau pun rawat inap," ujarnya singkat.

Untuk diketahui gedung megah ini dikerjakan oleh PT. Arah Pemalang dengan sumber anggaran DAK/DAU.

Reporter : Saifullah/Redaksi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Tunggu Hasil Pemilu, Kapolres Bondowoso: Bijaklah Bermedsos
Berita Selanjutnya Prof. Mas’ud: Tugas Guru Mencerdaskan Anak Bangsa

Komentar Anda