Portal Indonesia
ad

Usai Pilkades Serentak di 198 Desa, Bupati Ponorogo Lantik 195 Kades

berita terkini
Bupati Ponorogo melantik Kades gelombang ke dua hasil Pilkades serentak.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PONOROGO - Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni melantik 78 kepala Desa terpilih hasil 198 Pilkades serentak 20 Mei 2019 di Pendopo Agung Ponorogo, Rabu (19/6/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan pada tanggal 20 Mei 2019 kemarin sudah dilaksanakan Pilkades serentak di wilayah Ponorogo dengan aman tertib dan lancar. "Kami mengapresiasi yang luar biasa kepada warga masyarakat yang sudah sadar dan tidak ada gejolak pasca pemilihan kepala Desa yg dilaksanakan serentak. Pelantikan kades hari ini merupakan tahap kedua yg sebelumnya tahap pertama sudah dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2019 lalu," ujar Ipong.

Pihaknya mengucapkan selamat kepada kepala desa yang terpilih. "Yang mana kades terpilih periode ini rata-rata dari generasi muda. Kepala Desa merupakan aparat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, jadi pelantikan ini bukan akhir dari perjalanan namun merupakan awal dari perjuangan," tandasnya. 

Dia menekankan bahwa Kepala Desa yang baru dilantik akan mengemban satu tugas khusus yakni bersama dengan BPD menentukan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) 6 tahun mendatang. "Selain empat tugas pokok seorang pejabat kepala Desa yakni menyelenggarakan pemerintah Desa, melaksanakan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa. 

Dari 198 Kades terpilih, saat ini ada 3 yang tidak dilantik, yaitu Kades Koripan (Kecamatan Bungkal) dan Kades  Bondrang (Kecamatan Sawoo) karena meninggal dunia. Serta Desa Pager, Kecamatan Bungkal Karena terjadi sengketa hasil Pilkades.

Selain Bupati Ponorogo hadir pula Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno, Dandim 0802/Ponorogo diwakili Kasdim Mayor Inf M. Yusuf, Kapolres Ponorogo diwakili Kabag Sumda Kompol Bahrun Nasikin, Sekda Ponorogo Agus Pramono, Ketua Pengadilan Negeri Ponorogo Henny Trimira Handayani, Wakil ketua DPRD Ponorogo Anik Suharto, Kepala OPD Pemkab Ponorogo, Camat, Danramil dan Kapolsek yang melaksanakan Pilkades serentak  2019 serta Para Calon Kades dan Calon Ketua TP PKK Desa yang dilantik.

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Pemkab Mubar Klarifikasi Tudingan Pemkab Muna Soal DAU Rp 95 Milyar 
Berita Selanjutnya Kesbangpol Tegaskan Investor Jangan Takut Tanamkan Modal di Probolinggo

Komentar Anda