Portal Indonesia
ad

DPMD Pastikan Pilkades Serentak di Mubar Tidak Menyebrang Tahun

berita terkini
Sekertaris DPMD Mubar, Bahrun 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT -  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mubar, Sulawesi Tenggara memastikan  pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 81 desa di Mubar tidak akan menyebrang tahun.

Sekertaris DPMD Mubar, Bahrun menegaskan untuk penyelenggaraan Pilkades tersebut pihaknya sudah menetapkan jadwal yakni pada bulan Oktober atau November 2019.

"Jadwal Pilkades serentak untuk semua desa (81 desa) kita sudah susun. Sesuai rencana akan dihelat pada Oktober atau November. Namun kepastian jadwal resmi harus ada persetujuan dari pimpinan. Karena itu pihaknya saat ini tengah mempersiapkan segala perangkat pendukung demi suksesnya pelaksanaan Pilkades ini," terang Bahrun saat dikonfirmasi portalindonesia.net via telepon, Jumat (21/6/19).

Bahrun menuturkan dalam rangka Pilkades serentak itu sekarang ini lembaganya  lagi menuntaskan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Alhamdulillah pemilihan BPD pada 81 desa sudah hampir rampung. Setelah pemilihan BPD akan dilanjutkan dengan pelantikan. Kemudian semua pengurus BPD ini akan mengikuti pelatihan terkait tugas dan fungsi yang diemban BPD," katanya.

Menurut Bahrun tugas utama yang mesti diselesaikan oleh BPD dalam waktu dekat ini adalah Pilkades serentak. "Kepanitiaan penyelenggaraan Pilkades serentak itu dibentuk oleh BPD pada masing-masing desa. Makanya usai pelantikan pada 1 - 5 Juli akan dilanjutkan dengan pelatihan yang rencananya akan dilakukan pada 8 - 15 Juli 2019 di Kota Kendari," urai Bahrun.

Sementara itu demi suksesnya Pilkades yang akan dilaksanakan pada penghujung tahun ini, Bakesbangpol Mubar akan melakukan kordinasi dengan seluruh Pj. kepala desa.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mubar, La Ode Andi Muna mengatakan pihaknya akan menggelar pertemuan dengan pemerintah desa. 

"Pertemuan itu lebih fokus membahas bagaimana  Pilkades dapat berjalan aman, kondusif dan sejuk. Yang kita tekankan ialah agar Pj. kepala desa dan panitia pemilihan bersikap independen. Sehingga jalannya Pilkades berlangsung jujur dan adil. Kalau sudah jujur dan adil maka kemungkinan terjadinya gesekan horisontal  ditengah masyarakat dapat teratasi," himbaunya.

Ujar Penggagas lahirnya Kabupaten  Mubar ini, masyarakat Mubar sudah cerdas merespon  perbedaan pada setiap hajatan demokrasi baik itu level lokal maupun tingkat nasional.

"Buktinya, pada Pilkada Mubar 2017, Pilgub 2018, Pilcaleg dan Pilpres 2019 di Mubar tidak ada gesekan apapun. Meskipun demikian kita harus bekerja keras agar pelaksanaan Pilkades nanti, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap stabil. Sehingga 'Label Muna Barat Aman' sampai kapanpun tetap terjaga," jelas Andi Muna.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Maju Pilbup Malang 2020, Bakul Keris Usung Politik Gotong Royong
Berita Selanjutnya Kesbangpol Tegaskan Investor Jangan Takut Tanamkan Modal di Probolinggo

Komentar Anda