Portal Indonesia
ad

Pengukuhan Pengurus Lesbumi Jabung Suguhkan 20 Karya Seni Budaya

berita terkini
Suasana Pengukuhan Pengurus LESBUMI Kecamatan Jabung Kabupaten Malang
ramadhan

MALANG RAYA. PORTALINDONESIA.NET - Pengurus Lesbumi PAC Kecamatan Jabung langsung dikukuhkan oleh Mpu KRT Arum Fanani Notopuro selaku Ketua PC Lesbumi Kabupaten Malang, Sabtu malam (22/06).

Bertempat di Gedung Zawiyah Desa Kemantren Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Banom NU se-Kabupaten Malang.

Dalam kegiatan tersebut, disajikan pementasan sebanyak 20 karya seni budaya oleh para pemuda se-kecamatan Jabung, diantaranya Tari Topeng Gunungsari, Musik Keroncong Gubuk Baca, Akustik Thorequstique, Tari Sufi, dan lainnya.

Selain itu, juga dimeriahkan dengan Pameran Wesi Aji, Lukisan Potret Gus Dur, Seni Ukir Bantengan, dan berbagai produk kriya dari daur ulang sampah yang dikelola oleh Gubuk-Gubuk Baca di Jabung.

Dalam sambutannya, Mpu KRT Arum Fanani Notopuro mengatakan bahwa, Lesbumi di Kecamatan Jabung sangat diharapkan untuk mampu menjadi lokomotif dalam mengembangkan berbagai potensi seni budaya yang ada di Malang Raya. Khususnya yang berasal dari Kecamatan Jabung. Selain itu, juga diharapkan bisa membumikan Pancasila, terutama nilai-nilai kegotong-royongannya.

“Jabung ini adalah lumbung seni budaya. Sudah banyak hasil karya seni di Jabung yang diakui secara nasional. Tari topeng dan wesi aji adalah beberapa diantaranya. Saya menaruh harapan besar kepada para pemuda di Kecamatan Jabung, khususnya yang sudah dikukuhkan sebagai pengurus Lesbumi PAC Jabung. Semoga mampu menjadi motor penggerak kemajuan di Malang Raya. Khususnya di Kecamatan Jabung," ungkap Mpu KRT Arum Fanani Notopuro dalam sambutannya.

Sementara itu, menurut Icroel Doank selaku salah satu tokoh penggerak Lesbumi Jabung, keberadaan Lesbumi di Kecamatan Jabung ini diharapkan mampu mewadahi berbagai potensi dan kreatifitas dari para pemuda di Kecamatan Jabung.

“Guyub rukun ngabdi bareng membangun Kecamatan Jabung, itu adalah tujuan utamanya. Melalui Lesbumi, diharapkan mampu menyatukan energi gerak bersama membangun Kecamatan Jabung.” Ujar Icroel Doank, yang juga dikenal sebagai penggerak pendirian beberapa gubuk baca di Kecamatan Jabung.

Untuk karya seni budaya wesi aji, dipamerkan beberapa hasil karya olah tempa besi berupa pedang, wedung, caluk, keris, dan kujang. Semuanya itu adalah hasil karya dari para pemuda di Jabung. Menurut Wahyu Eko Setiawan yang diundang sebagai pelestari budaya wesi aji, karya seni olah tempa besi yang dihasilkan sudah sangat mumpuni. Bahkan sudah sampai pada tingkat Mpu atau pembuat pusaka wesi aji.

“Seni olah tempa besi yang dipamerkan sudah sangat mumpuni. Kreasinya juga beragam. Ini sudah masuk kelas tempa pusaka wesi aji. Tinggal bagaiamana bisa terus dikembangkan dan dijadikan produk unggulan di Kecamatan Jabung," ujar Wahyu Eko Setiawan, yang juga akrab dipanggil Ki Jagad Gumelar dalam dunia Pelestasi Wesi Aji Nusantara.

Reporter : Galih
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Hindari Urusan Prosedur RSUD Mubar, Keluarga Korban Antar Jenazah Pakai Ambulans Kabupaten Muna
Berita Selanjutnya Kesbangpol Tegaskan Investor Jangan Takut Tanamkan Modal di Probolinggo

Komentar Anda