Portal Indonesia
Habibie

Sebanyak 558 Guru PNS di Mubar Akan Terima Dana Sertifikasi Triwulan Kedua

berita terkini
Kepala Bidang Ketenagaan, Diknas Mubar, Sudarmawan
ad

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT - Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara menyatakan dana sertifikasi triwulan kedua untuk guru pegawai negeri sipil (PNS) akan cair pada bulan Juli 2019.

Kepala Bidang Ketenagaan, Diknas Mubar, Sudarmawan mengatakan jika tidak ada kendala tekhnis dana sertifikasi bagi 558 guru PNS akan dicairkan bulan depan.

"Dana sertifikasi itu sumbernya dari APBN. Alurnya itu dari pusat transfer ke kas daerah. Kalau uang itu sudah masuk di kas daerah, lalu Diknas mengajukan surat perintah membayar (SPM) di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). Setelah itu DPPKAD mengeluarkan surat perintah pencairan dana (SP2D). Kemudian kalau itu sudah selesai dana ditransfer ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) Mubar. Oleh BPD mentransfer dana itu ke rekening masing-masing guru, baik itu yang menggunakan BRI maupun BPD. Begitu alurnya," terang Sudarmawan saat dikonfirmasi portalindonesia.net di ruang kerjanya, Kamis  (27/6/19).

Kata dia, pencarian dana sertifikasi ini sudah jelas tahapannya. Untuk triwulan pertama pencairannya 30 persen. "Triwulan kedua dan ketiga masing-masing 25 persen. Sedangkan tahap ke empat sebanyak 20 persen," jelasnya.

Ia menambahkan secara keseluruhan dana sertifikasi guru PNS di Mubar mencapai 27 milyar. Dana sebesar itu pencairannya dilakukan sebanyak empat tahap.

"Kadang ada yang salah paham terkait pencairan dana sertifikasi guru PNS ini. Makanya kalau ada guru mengeluhkan soal itu kita berikan penjelasan sebaik-baiknya. Alhamdulillah sejauh ini mereka sudah memahaminya," bebernya.

Sekedar diketahui jumlah guru PNS di Mubar jumlahnya 792 orang. Saat ini yang memperoleh dana sertifikasi sudah mencapai 558 orang.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Pemutahiran DTD-AKP 2019 Digenjot, Hari ini di Desa Sumber Pinang
Berita Selanjutnya Habis Menyantap Jamur, Sekeluarga di Purwokerto Keracunan

Komentar Anda