Portal Indonesia
Habibie

Bupati Aceh Utara Resmikan Museum Samudera Pasai

berita terkini
Bupati Aceh Utara (pakai baju putih peci hitam) sedang tanda tangan peresmian Museum Islam Samudera Pasai.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, ACEH UTARA - Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib meresmikan Museum Islam Samudra Pasai di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (9/7/2019).

Muhammad Thaib yang akrab disapa Cek Mad, mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara yang telah menggagas terbentuknya museum tersebut. "Diharap keberadaan museum itu bisa dijaga dengan baik nantinya," pesan Bupati. 

Pada kesempatan acara ini, Bupati meminta kepada dinas terkait untuk membangun jalan menuju ke museum tersebut dengan baik. "Kita harap jalannya untuk diaspal. Nantinya ada pengunjung dari luar daerah datang ke museum tersebut dengan mudah dan juga melihat, kondisi jalan yang tidak layak di anggap tidak mampu diurus, apalagi daerah,” ucapnya.

Bupati juga mengatakan, museum ini bukan milik bupati dan milik masyarakat Aceh Utara saja. "Namun ini milik masyarakat Aceh dan bangsa, karena maju besarnya suatu negara karena adanya budaya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Saifullah, mengatakan kedepannya masih banyak yang harus dilakukan untuk pembenahan agar museum ini dikenal luas oleh masyarakat.

“Kita harap Museum Samudera Pasai ini lebih maju dan dapat dijadikan edukasi untuk mengenal sejarah-sejarah kerajaan Islam pada masa lalu dan bermanfaat untuk bagi anak-anak muda yang belum mengenal sejarah Samudera Pasai,” jelasnya.

Karena masih banyak yang harus dibenahi, seperti koleksi dan lingkungan pada bangunan yang sudah lama dibangun ini, sehingga baru bisa diresmikan hari ini. 

“Untuk jalan ke lokasi museum itu, kami akan memprioritaskan jalan yang sudah dibebaskan lahannya. Untuk perbaikan itu kita memerlukan anggaran sekitar Rp5 miliar,” tutupnya

Reporter : Nurmansyah
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Tukang Becak di Situbondo Naik Haji 
Berita Selanjutnya Kodam XVIII/Kasuari Gelar Sarasehan Bintaltrajuang

Komentar Anda