Portal Indonesia
Iklan mubar

Pencetus Pusat Informasi Cagar Budaya Situbondo Gelar Diskusi Publik

berita terkini
Foto bersama beberapa komunitas usai mencetuskan lahirnya PICB Situbondo. (Photo: Sarwo Edi)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO -Bertempat di Gang Sorakerta Nomor 11, Desa/Kecamatan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, 21 pegiat sejarah sekaligus pencetus lahirnya PICB (Pusat Informasi Cagar Budaya) Situbondo, menggelar diskusi publik tentang pola gerakan penyelamatan cagar budaya dan literasi sejarah.

Menurut Koordinator PICB Situbondo Irwan Rakhday, kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan penyelamatan dan pelestarian cagar budaya yang merupakan aset bangsa .

"Menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Karena tujuan pendirian PICB Situbondo ini, difokuskan untuk penyelamatan dan pelestarian cagar budaya tingkat lokal sesuai dengan amanat Undang-Undang yang berlaku di Indonesia," imbuh Irwan.

Irwan menyebutkan jika pendirian lembaga mandiri itu harus diawali diskusi.

"Diskusi publik dengan tema 'Ikhtiar Swadaya Penyelamatan Cagar Budaya Lokal' yang digelar kali ini cukup gayeng karena membahas dinamika advokasi serta penyelamatan cagar budaya yang tak jarang berbenturan dengan pemangku kebijakan dalam kurun waktu 6 tahun terakhir," ungkap Irwan.

Beberapa komunitas dan lembaga pendukung yaitu, LSM Wirabhumi, Rumah Sejarah Balumbung, takanta.id, IWS (Info Warga Situbondo), SRC (Situbondo Residual Concourse), GESSIT (Generasi Sadar Sejarah Situbondo) serta PICB Situbondo yang baru terbentuk bersepakat berkoordinasi dalam satu forum. Forum tersebut adalah 'Forum Sejarah Situbondo' yang selanjutnya mengadakan pertemuan rutin bulanan se-Kabupaten Situbondo secara anjangsana.

Reporter : Sarwo Edy
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Pelepasan 890 Calon Jamaah Haji di Probolinggo Diwarnai Tangis Haru
Berita Selanjutnya KPU Kota Probolinggo Tetapkan 30 Caleg Terpilih, Didominasi Pendatang Baru

Komentar Anda