Portal Indonesia
Habibie

Ribuan Pelajar Ponorogo Dilatih Anggota TNI Jaga NKRI

berita terkini
Dandim 0802/Ponorogo berikan penyuluhan bagi ribuan pelajar di Bumi Reyog tersebut.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PONOROGO - Jajaran Kodim 0802/Ponorogo melaksanakan kegiatan pelatihan bela negara terhadap para siswa baru di Bumi Reyog Ponorogo.  

Seluruh Koramil jajaran memerintahkan anggotanya terjun ke lapangan untuk membina dan melatih para siswa baru yang bersekolah di wilayah binaan masing-masing, Kamis (18/7/2019).

Sementara itu Koramil  0802/01 Kota Ponorogo dalam melatih para siswa baru tersebut mengambil lokasi di lapangan Merak Kodim 0802/Ponorogo yang pelaksanaannya dipantau langsung oleh Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Made Sandy Agusto.

Dengan penuh semangat Letkol Inf Made Sandy Agusto ikut bergabung dan memimpin langsung kegiatan latihan baris berbaris tersebut.

Komandan Kodim 0802/Ponorogo tersebut memberikan instruksi atau perintah dan aba-aba. Bahkan, para peserta pelatihan dengan penuh semangat dan antusias mengikuti aba aba yang diperintahkan Dandim 0802/Ponorogo. 

Ketika jam istirahat, selain memberikan materi baris berbaris, Letkol Inf Made Sandy Agusto juga memberikan sedikit wejangan tentang wawasan kebangsaan kepada para siswa baru tersebut.

Menurut Dandim 0802/Ponorogo, peserta yang hadir pada kegiatan pembinaan karakter kebangsaan merupakan kebanggan tersendiri.

"Berbanggalah adik-adik menjadi generasi yang bisa hadir dilapangan ini. Generasi yang sudah lulus untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya serta generasi yang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembinaan karakter kebangsaan seperti yang dilaksanakan hari ini," ujar Letkol Inf Made Sandy Agusto.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini, para pelajar diajak dan dilatih disiplin, dibawa menuju ke nuansa semangat nasionalisme. "Yaitu paham nasional sehingga kita semakin mencintai negara kita. Dengan rasa memiliki dan cinta kepada bangsa dan negara, tentu kita harus punya jiwa patriotisme, yaitu semangat rela berkorban secara heroik demi persatuan dan kesatuan, keutuhan keselamatan bangsa dan negara Indonesia tercinta," tandasnya.

Dia berpesan kepada para siswa untuk selalu dan mengerti tiga pilar kebangsaan yang isinya tentang rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. "Dengan rasa, faham dan semangat kebangsaan, diharapkan kita bisa menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara Indonesia," imbuhnya. 

Masih menurutnya, tidak kalah penting, dihadapkan pada perkembangan jaman yang mana saat ini bisa mengakses segala sesuatu melalui media sosial.

Dandim 0802/Ponorogo juga mewanti-wanti para peserta pelatihan agar bijak dalam menggunakan media sosial. "Dengan rasa, faham dan semangat kebangsaan tentu hal-hal negatif yang terjadi akibat perkembangan media sosial bisa ditangkal," bebernya.

Sedangkan pelatihan pembentukan karakter bagi siswa baru yang dihadiri oleh 1559 siswa dari berbagai sekolah baik tingkat SMP maupun SMA se-Kecamatan Kota Ponorogo tersebut berjalan lancar, aman dan penuh semangat.

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Tingkatkan Pengawasan Orang Asing, Tim Pora Kantor Imigrasi Kelas II TPI Jember Gelar Rapat Bersama Tim Pora Kecamatan se-Situbondo
Berita Selanjutnya Kasus Anggota DPRD Probolinggo Bergulir, Material Ijazah Abdul Kadir Diduga Asli

Komentar Anda