Portal Indonesia
Idul adha

Pengunjung Lebaran Betawi, Disuguhi Beragam Budaya dan Kuliner

berita terkini
Suasana saat berlangsungnya lebaran Betawi di kawasan Silang Monas, Jakarta. (Photo: Elang Aminudin -Portalindonesia.net)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, JAKARTA -- Pelaksanaan lebaran Betawi yang berlangsung mulai 19 - 21 Juli 2019 di Silang Monas Jakarta sebagai acara tahunan setelah lebaran Idul Fitri, merupakan ajang silaturahim warga Betawi yang berasal dari lima wilayah Jakarta, plus satu kabupaten kepulauan Seribu.

Warga Jakarta tumplek blek dari segala penjuru ibukota seakan kangen akan suasana khas kekentalan gaya Betawi kumpul menjadi satu.

Apalagi berbagai kuliner khas Betawi disediakan oleh stand yang menjadi peserta selama penyelenggaraan perhelatan tersebut.

Menurut ketua pelaksana acara M Rifky, acara ini digelar oleh Bamus Betawi yang ketuai umumnya adalah H Lulung AL, SH.

"Acara lebaran Betawi ke 12 tahun 2019 atau 1440 H ini, mengambil tema "Dengan Budaya Kita Perkokoh Persatuan dan Jesatuan Indonesia, dan jumlah pengunjungnya kurang lebih mencapai 3.000 orang per harinya," ungkapnya, Sabtu (20/7/2019). 

Kata Rifky, para pengunjung yang datang di manjakan dengan beragam budaya Betawi. "Diantaranya rumah adat Betawi, lenong, tari, musik seperti gambang kromong, samrah, marawis serta yang paling menarik hati pengunjung adalah rebana biang," imbuhnya.

Salah satu pejabat pelaksana kegiatan stand Graha wisata Taman Mini Indonesia Indah yang juga ikut ambil bagian dalam lebaran Betawi, Bahsan, M.Si, mengatakan untuk menarik pengunjung, pihaknya mempunyai acara unggulan yaitu standup comedi denagn bintang David Nurbianto.

"Sedangkan kuliner yang kami suguhkan dan menarik banyak pengunjung adalah kerak telor, laksa dan selendang mayang. Akan tetapi yang jelas, kami tampilkan adalah Graha wisata Taman Mini Indonesia Indah pastinya," beber Bahsan. 

Reporter : Elang Aminudin
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Gandeng Ponpes Walisongo, KPK Optimis Cegah Korupsi di Situbondo
Berita Selanjutnya Viral Muammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia Kalahkan 193 Negara Ingin Bertemu Jokowi

Komentar Anda