Portal Indonesia
Idul adha

Syukuri Hasil Tangkap Ikan Melimpah, Warga Sumberasih Gelar Larung Sesaji

berita terkini
Warga berlayar ketengah laut untuk melepaskan sesaji
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PROBOLINGGO - Ribuan warga memadati pantai Darmo Blok Kisik Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Minggu (21/7/19) siang. Mereka menyaksikan prosesi melarung (melepas) sesaji ke laut sebagai prosesi puncak pesta petik laut yang rutin dilaksanakan warga setempat.

Sebelum dilarung ke tengah laut, sesaji yang diletakkan di dalam perahu kecil (oleh warga setempat disebut bitet) itu sejenak diletakkan di pinggir pantai Darmo. Sesaji itu terdiri dari hasil ladang, seperti jagung dan hasil bumi. Selain itu, ada kepala kambing lengkap dengan berbagai macam bunga. 

Selanjutnya Kepala Desa Banjarsari, beserta seluruh perangkat dan tokoh masyarakat di dampingi camat Sumberasih Rachmad Hidayanto duduk mengelilingi bitet sambil memanjatkan doa dipimpin ulama setempat.

Doa bersama usai, dua buah nasi tumpeng langsung menjadi rebutan masyarakat nelayan setempat. Mereka saling berdesak-desakan untuk mendapatkan nasi tumpeng dengan harapan diberi keselamatan oleh Allah SWT saat melaut. Nasi tumpeng pun ludes dalam waktu sekejap. Bitet dilarung dengan ditarik perahu motor hingga beberapa kilometer ke laut lepas. Di belakangnya beberapa perahu ikut mengiringi pelarungan sesaji.

Masyarakat tampak antusias menaiki perahu motor untuk berebut mendapatkan sesaji yang tengah dilarung ke tengah laut.

Camat Sumberasih Rachmad Hidayanto mengatakan petik laut ini dilaksanakan untuk keselamatan dan keberhasilan usaha warga dengan harapan meningkatnya hasil pertanian dan tangkapan ikan para nelayan. 

"Petik laut ini merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat atas anugerah dari Allah atas kekayaan lautnya," ujarnya.

Lebih lanjut dia berharap dengan petik laut yang menjadi tradisi budaya masyarakat pesisir ini, nantinya masyarakat bisa diberikan rezeki yang cukup oleh Allah SWT, sehingga ke depan hasil tangkapan ikannya semakin baik. 

"Saya juga berharap agar masyarakat Desa Banjarsari dan sekitarnya, hendaknya turut menjaga keutuhan ekosistem laut. Sehingga, keberadaan ikan di laut tidak punah, serta nelayan yang berada di Desa Banjarsari dan sekitarnya tidak usah jauh-jauh mencari ikan," pungkasnya.

Reporter : Saifullah
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Memprihatinkan, Rumah Anak Yatim di Harjomulyo Ini Butuh Perhatian 
Berita Selanjutnya Kenang Jasa Para Pahlawan, Warga Sumber Katimoho Nobar G30S/PKI 

Komentar Anda