Portal Indonesia
Idul adha

Diklat Teknis Substantif Guru MTs Dibuka, Setiap Guru Wajib Ikuti Diklat

berita terkini
Razali Yunus M.Pd, saat membuka Diklat teknis substantif tingkat MTs di wisma kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, BANDA ACEH  - Sebanyak 60 peserta dari guru Bidang Studi Bahasa Inggris dan Matematika Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Aceh mengikuti Diklat Teknis Substantif di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Provinsi Aceh, mulai Senin 22-27 Juli 2019.

Ketua panitia pelaksana, M Syarifuddinsyah S.Pd.I dalam laporannya saat pembukaan menjelaskan diklat itu bertujuan agar guru memiliki kompetensi kepribadian yang baik untuk menjadi pendidik. "Sasaran pelatihan ini adalah supaya guru terdidik dan terlatih sehingga memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan," kata Syarifuddinsyah.

Syarifuddinsyah menambahkan, pendidikan dan pelatihan diklat teknis substantif guru tahun 2019, dilaksanakan selama 6 hari. "Yakni mulai tanggal 22 - 27 Juli bertempat di wisma UIN Ar-Raniry Banda Aceh," tambahnya.

Sementara itu kepala BDK Provinsi Aceh, Salman Alfarisi S.Ag M.Pd yang diwakili oleh Razali Yunus M.Pd, saat membuka diklat mengatakan, melalui diklat ini, penerapkan integritas, profesional, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan dalam dunia pendidikan, para peserta harus ikhlas mengikuti diklat substantif karena guru Bahasa Inggris dan Matematika, guru wajib mengikuti diklat 40 jam minimal pertahun. "Maka dari itu kami memanggil saudara untuk melakukan proses apdate kembali empat kompetensi guru agar lebih tajam," ujar Razali.

Razali Yunus berharap agar selama diklat sangat penting bagi guru berba­kat, Karenanya ilmu yang diperoleh diharapkan da­pat ditransfer ke guru lain di lingkungan madrasah, sehingga terus berkembang pendidikan Aceh. "Selamat mengikuti diklat sampai selesai dan selanjunya membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) selama satu bulan batas waktu di Madrasah masing-masing," pungkas Razali.

Bertindak sebagai pemateri, Mutia Fariha,M.Pd mata pelajaran Building Learning Commitmen (BCL) Mulyadi Idris M.Pd, analisis SKL KI KD Kisi dan Indikator Bahasa Inggris DR Fadli M.Ed, Kepala BDK, Bidang peningkatan kualitas tenaga teknis pendidikan dan keagamaan Yusnidar M.Pd, struktur teks dan kebahasaan lisan dan tulis H Zainal Arifin MA, serta pejabat struktural Balai Diklat Keagamaan Aceh.

Diklat tersebut mengambil tema "Melalui Diklat Ini Kita Terapkan Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan dalam Dunia Pendidikan". 

Pada acara diklat tersebut juga dilakukan penyematan bed kepada guru Bahasa Inggris dan Matematika.

Reporter : Nurmansyah
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya SMKN 1 Grujugan Pendukung Ketahanan Pangan
Berita Selanjutnya Viral Muammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia Kalahkan 193 Negara Ingin Bertemu Jokowi

Komentar Anda