Portal Indonesia
Idul adha

Penganggulangan Bencana, Bupati Sidoarjo Harapkan Bisa Mengedukasi Elemen Masyarakat

berita terkini
Rakor Bupati bersama elemen Forkompimda di Fave Hotel Sidoarjo.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SIDOARJO - Dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo gelar rapat koordinasi sinergitas pentahelix di Fave Hotel Sidoarjo, Kamis (8/8/2019).

Bupati Sidoarjo H Saiful Illah, SH. M.Hum, berharap dalam kesempatan ini yang dari Pemerintah, Pengusaha, Komunitas Relawan, Akademisi dan Media dapat memberikan edukasi pencegahan terhadap potensi bencana. 

"Sidoarjo ini masuk daerah tinggi bencana sehingga harus ada model penanganan bencana yang bersifat gotong royong" ucap Abah Saiful saat berikan wejangan.

"Pihaknya juga meminta semua elemen masyarakat berpartisipasi dalam pencegahan dan meningkatkan kapasitas dalam penangan bencana",imbuhnya. 

"Semuanya harus dapat memahami dan mengenal resiko bencana, hal ini dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena itu dapat menimbulkan bencana banjir" ujarnya dihadapan ratusan peserta yang terdiri dari Forkopimda dan para camat se kabupaten Sidoarjo. 

Dalam kegiatan ini, Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo menyebut Kabupaten Sidoarjo termasuk daerah rawan bencana khususnya banjir, kebakaran dan pencemaran lingkungan.

Dalam kesempatan yanv sama, Dwijo Prawiro Kepala BPBD Sidoarjo mengatakan, dengan ini kami berharap ada sinergitas antara semua elemen serta juga dapat menyamakan persepsi dengan tujuan menanggulangi resiko bencana.

Hal senada juga disampaikan oleh DR. Hendro Wardhono Ketua pusat studi Bencana Universitas DR. Sutomo Surabaya, pihaknya beranggapan bahwa Pengurangan resiko bencana itu lebih penting daripada penanggulangan. 

"Bencana itu akan menimbulkan banyak masalah sosial, Maka kita perlu antisipasi akan adanya bencana. Serta juga  Literasi media dan elemen apapun harus maju agar dapat memberikan edukasi masyarakat terhadap cara menangani ketika ada  bencana" ungkap Hendro Wardhono.

Reporter : Rizal
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Terbitnya IUPHHK-HTI Milik PT RPPI Disoal, Aliansi Gempur Lakukan Investigasi
Berita Selanjutnya Viral Muammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia Kalahkan 193 Negara Ingin Bertemu Jokowi

Komentar Anda