Portal Indonesia
Idul adha

Prihatin Kebakaran Hutan, Polisi Gandeng Pramuka Ponorogo

berita terkini
Sosialisasi pencegahan kebakaran hutan oleh Polsek Pulung, Kabupaten Ponorogo bersama anggota Pramuka Gugus Depan 1705/06 SMA Negeri 1 Pulung.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PONOROGO - Kebakaran hutan yang masih terjadi di Kabupaten Ponorogo, Jatim menjadi perhatian sejumlah pihak.  Seperti yang dilakukan oleh Korps Bhayangkara di Bumi Reyog tersebut yang aktif melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan maupun menjaga kelestarian alam.

Langkah tersebut dilakukan oleh Kapolsek Pulung AKP Denny Fahrudianto beserta anggotanya yang gencar melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang biasa terjadi disaat musim kemarau seperti sekarang dengan kondisi daun kering dan semak belukar yang rawan terbakar.

Menurut AKP Denny Fahrudianto, kebakaran hutan dan lahan sudah menjadi isu nasional karena dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa manusia. "Juga harta benda bahkan apabila area yang terbakar sangat luas asap yang ditimbulkan sampai ke negara tetangga yang dapat menjadi masalah serius," terang AKP Denny Fahrudianto dihadapan para peserta Pramuka Gugus Depan 1705/06 SMA Negeri 1 Pulung yang sedang melakukan Kemah uji kenaikan tingkat Penggalang ke Penegak yang dipusatkan dikawasan hutan pinus petak 118D RPH Mendak BKPH Wilis selatan KPH Lawu DS atau tepatnya berada di Dukuh Gondangsari Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jumat (9/8/2019).

Pihaknya juga mengajak peran Pramuka sebagai generasi milenial untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. "Sebab gerakan Pramuka wadah bagi kawula muda yang mempunyai motto sejalan dengan pelestarian alam dan cinta lingkungan," tambahnya.

Jajaran Polsek Pulung juga menggandeng Polisi Kehutanan dan TNI melakukan kampanye pencegahan Karhutla dengan aksi mengadakan patroli gabungan. "Serta memasang berbagai spanduk himbauan diberbagai titik serta lokasi sekitar kawasan hutan," pungkasnya. 

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Penganggulangan Bencana, Bupati Sidoarjo Harapkan Bisa Mengedukasi Elemen Masyarakat
Berita Selanjutnya Kerusuhan Dibeberapa Daerah, Sekretaris MUI Probolinggo: Jangan Terprovokasi 

Komentar Anda