Portal Indonesia
Idul adha

Mengintip Aktivitas Santri Ponpes Al-Muttaqim Pangenrejo Usai Shalat Idul Adha

berita terkini
Sejumlah santri Ponpes Al-Muttaqim saat menyembelih hewan kurban.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Umat muslim dan masyarakat pada umumnya bisa mengambil hikmah dalam perayaan Idul Adha 1440 H. Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari perayaan Idul Adha, diantaranya: keteladanan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail dan Siti Hajar atas kepatuhan tanpa batas kepada Allah. Disitu ada pesan kedisiplinan, kerelaan (keihklasan) dan keberanian. 

Demikian diutarakan Miftahudin (40), panitia kurban di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muttaqim, Kelurahan Pangenrejo RT.01 RW.04, Kabupaten Purworejo, Minggu (11/8/2019). 

"Pelajaran lainya adalah kita diminta untuk saling berbagi-pemerataan yang menyentuh segala lapisan warga negara, hal itu juga selaras dengan nilai-nilai Pancasila, sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Menurutnya, nilai pancasila yang telah dirumuskan para founding father dimana ajaranya sesuai dengan kemurnian ajaran islam dan kemurnian budaya bangsa Indonesia yang sangat relevan untuk menjadi acuan. "Dengan semangat Hari Raya Kurban ini, mari kita senantiasa cinta Negara Republik Indonesia, jaga keutuhan NKRI, jaga pancasila, Bhineka Tugggal lka dan UUD 1945," tandasnya. 

Lebih jauh disampaikan Miftah, dalam perayaan Idul Adha 1440 Hijriah, di Ponpes Al-Muttaqim ini mendapatkan 8 ekor kambing kurban. "Setelah melaksanakan Shalat Idul Adha berjamaah, sejumlah hewan kurban ini langsung kita sembelih. Setelah daging hewan korban itu  potong-potong dan dibungkus, kemudian daging korban tersebut kita serahkan kepada warga sekitar yang membutuhkan," bebernya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Ibas Hanya Kurban Sapi Bersama Warga Pacitan
Berita Selanjutnya Viral Muammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia Kalahkan 193 Negara Ingin Bertemu Jokowi

Komentar Anda