Portal Indonesia
Idul adha

Ratusan Siswa SMK TKM Dikukuhkan Sebagai Saka Wira Kartika

berita terkini
Saat Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Infanteri Muchlis Gasim S.H.,Si., memberi ceramah
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO – Ratusan siswa siswi SMK TKM (Taman Karya Madya ) Purworejo dikukuhkan menjadi Saka Wira Kartika di halaman Kodim 0708 Purworejo, Rabu (13/9/2019). Diharapkan pramuka ini membentuk sikap mental yang tangguh sekaligus melatih kemandirian dan tanggung jawab.

Pengukuhan 360 pramuka menjadi Saka Wira Kartika dilakukan oleh Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim S.H.,Si.dengan ditandai dengan penyematan tanda saka dan penyiraman air kelapa muda kepada perwakilan peserta.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim S.H.,M.Si. selaku Ketua Majelis Pembina Gugus Depan Pramuka Saka Wira Kartiaka dalam amanatnya mengatakan pembinaan Saka Wira merupakan salah satu upaya pendidikan bela negara dalam membentuk kader generasi muda yanag berkarakter dan berwawasan kebangsaan.

“Saka Wira Kartika di harapkan mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana mengisi kemerdekaan guna menjamin tetap tegaknya NKRI dan kelangsungan hidup bangsa dan negara.”jelas Dandim.

Menurut Dandim, kegiatan pramuka Saka Wira Kartika merupakan pendidikan informal yang dapat memberikan nilai tambah bagi siswa dalam proses belajar sehingga apa yang diperoleh bekal sangat berharga untuk dikembangkan dalam  mencapai tujuan dan cita cita secara maksimal.

“Kodim 0708 Purworejo akan siap mendukung dan menjalin kerja sama dengan sekolah untuk mengembangkan Saka Wira Kartika menuju yang lebih baik,” ungkap Dandim. 

Saat penyematan tanda saka dan penyiraman air kelapa muda oleh Komandan Kodim 0708 Purworejo kepada perwakilan peserta.

Sementara itu Kepala SMK TKM Purworejo Ki Gandung Ngadina mengucapkan terima kasih dan bangga dengan pembinaan Saka Wira Kartika bisa memberikan bekal kepada anak sikap disiplin, wawasan kebangsaan dan menangkal radikalisme.

“Saya berharap momen Hari Pramuka Tahun 2019 ini, pramuka di Indonesia tetap menanamkan kedisiplinan, menjaga NKRI, menjaga ideologi dan meningkatkan wawasan kebangsaan satu kesatuan Republik Indonesia," tandasnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Mengenang Jasa Para Pendahulu, Komandan Lanudal Juanda Ajak Tabur Bunga
Berita Selanjutnya Kerusuhan Dibeberapa Daerah, Sekretaris MUI Probolinggo: Jangan Terprovokasi 

Komentar Anda