Portal Indonesia
Idul adha

Festival Sampah di Sidoarjo, Banyak Hadirkan Kreatifitas Daur Ulang Sampah

berita terkini
Wakil Bupati H Nur Ahmad Syaifuddin, saat menghadiri acara Festival Sampah Di Waru Sidoarjo. (Photo: Istimewa)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SIDOARJO – Problem sampah Lingkungan sudah tidak asing lagi dibicarakan. Akan tetapi, Desa Janti Kecamatan Waru Sidoarjo sebagai tempat desa percontohan dalam Festival Sampah. Banyak sebuah karya dari hasil daur ulang sampah yang banyak dimanfaatkan.

Pada Rabu (14/8/2019) saat acara Festival Sampah, Kepala Desa Janti, Waru Sidoarjo, Irsyad mengatakan, pihaknya terpanggil dengan kondisi sampah yang hanya menjadi omongan, tanpa ada langkah yang kongkrit untuk Sidoarjo bebas sampah.

Menurutnya, kegiatan Festival Sampah ini sebagai upaya edukasi masyarakat dalam pengelolaan sampah dapat dijadikan sebagai produk olahan daur ulang.

"Meskipun apa yang kita lakukan  belum maksimal, tapi saya akan bertekad bahwa persoalan sampah harus tuntas sejak hari ini, bahkan disini sudah ada Duta Sampah" tutur Kades Irsyad.

Di waktu yang sama, Nur Ahmad Syaifudin, SH, Wakil Bupati Sidoarjo menyampaikan, jika setiap desa ada TPST seperti di Janti ini, masalah sampah harusnya sudah tuntas dan sudah jadi percontohan bagi daerah lain.

"Saya mengharapkan, problem lingkungan maupun sampah, ini harus ada kerja kolektif antara Pimpinan Desa (Pimdes) dan masyarakat. Saya berterimakasih kepada Desa Janti yang sudah membuat terobosan yang sangat baik ini”, ungkapnya.

“Kegiatan ini bisa dijadikan percontohan bagi daerah lain”, tegas pria yang akrab disapa Cak Nur ini.

Reporter : Rizal
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya 1 Hektar Lahan di Gunung Kuniran Bagelen Purworejo Terbakar
Berita Selanjutnya Viral Muammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia Kalahkan 193 Negara Ingin Bertemu Jokowi

Komentar Anda