Portal Indonesia
Habibie

Usia Muda, Unik, dan Prestasi, Inilah SMABES Be Master

berita terkini
Kegiatan siswa SMA Negeri 1 Besuki, Berwisata Sejarah
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - SMA Negeri 1 Besuki usianya tergolong sangat muda. Walupun masih sangat muda usia, lembaga pendidikan tingkat menengah atas yang berada di ujung barat Kabupaten Situbondo ini menjadi sebuah lembaga pendikan yang disukai masyarakat setempat.

Hal ini, dibuktikan dengan begitu besarnya animo masyarakat yang terlihat ketika adanya pendaftaran peserta didik baru. Dari tahun ke tahun, jumlah pendaftar di SMA Negeri 1 Besuki ini semakin meningkat dan over kapasitas, sehingga selalu lebih dari pagu yang ditentukan pemerintah. Bahkan setiap tahunnya, tidak lebih dari tiga jam, kuota pagu tersebut bisa terpenuhi.

Sejak berdirinya tahun 2008, sekolah ini menerapkan program sekolah yang berbeda, diantaranya apel pagi, salat Dhuha berjamaah, dan program pejuang subuh. Kegiatan ini dilaksanakan setiap pagi oleh semua warga sekolah.

"Kalau pelaksanaan apel pagi, tujuannya untuk mendisiplinkan parasiswa agar bisa datang ke sekolah tepat waktu dan menumbuhkan rasa Nasionalisme. setiap apel pagi, para siswa selain menerima intruksi dari guru, mereka juga melantunkan Shalawat Nariyah, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya," jelas Kepala SMABES, Oni Pambagyo Triantoro, Senin (19/8/2019). 

Lanjutnya, SMA Negeri 1 Besuki memiliki Visi Beriman, Cerdas, Terampil, dan Ramah Lingkungan. "Ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan SMABES BE MASTER, yang juga memiliki program Bengkel Iman dan Jumat Ceria," ungkapnya. 

Bengkel Iman menjadi wadah bagi sekolah untuk menangani parasiswanya yang bermasalah. Bengkel iman ini dikawal oleh pihak BK, guru PAI, dan guru PKn. Pembinaan yang diterapkan dalam bengkel iman menerapkan pendekatan secara individu keagamaan.

(Photo: Kegiatan Siswa Jum'at Bersholawat)

Program Jumat Ceria, juga menjadi keunikan tersendiri yang ada di SMA Negeri ini. Program Jumat ceria merupakan kegiatan satu jam setiap pagi di hari Jumat digunakan untuk beberapa kegiatan yang bertujuan agar bisa menjadikan parasiswa tidak jenuh berada di sekolah. Diantaranya adalah Jumat Sehat, Jumat Bersih, Jumat Islami, dan Jumat Bershalawat. Program lainnya ialah Eduwisata dan Kelas Inspirasi. 

(Photo: Kegiatan Siswa Salat dhuha Berjamaah)

SMA Negeri 1 Besuki dipimpin oleh Oni Pambagyo Triantoro, S.Pd., M.P. yang memasuki tahun kedua. Kepala sekolah yang berasal dari kota Bondowoso ini memiliki dua program unggulan, yakni Eduwisata dan Kelas Inspirasi.

Eduwisata merupakan program sekolah yang diintegrasikan dengan Kepariwisataan. Jadi, di SMA ini melayani paket berwisata sejarah dengan berkeliling kota Besuki yang ditemani oleh para pemandu wisata dari parasiswanya.

Salah satu program unggulan lainnya adalah kelas ispirasi. Program ini bertujuan memberikan motivasi dan diharapkan menjadi inspirasi parasiswa yang ada di SMAN 1 Besuki.

Selain itu, sejumlah prestasi yang membanggakan juga telah banyak diraih oleh siswanya. Baik tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Untuk tingkat Nasional, siswa SMA Negeri 1 Besuki berhasil menjuarai lomba KIR tingkat Nasional yang diadakan di kampus ITS Surabaya, dan menjuarai pembuatan film pendek tingkat Nasional yang diadakan kampus Al-Azhar Jakarta. 

Selain tingkat Nasional, ditingkat Provinsi pun siswa SMA Negeri 1 Besuki juga berhasil menorehkan prestasinya. Salah satunya adalah pencak silat yang selalu mewakili Kabupaten Situbondo untuk berlaga di tingkat provinsi.

Bu Sofi, salah satu wali murid menyampaikan terima kasih kepada SMA 1 Besuki dengan program-programnya. "Semoga anak kami istiqomah dalam beribadah dan lebih menghormati orang tua," ucapnya dengan ditutup kata Aamiin.

Reporter : Deny F./Suparto
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Pemasangan Bendera Terpanjang di Banyumas Meriahkan HUT ke-74 RI
Berita Selanjutnya 4 Kali Lakukan Pencurian di Masjid, Remaja di Bawah Umur Diamankan Polisi 

Komentar Anda