Portal Indonesia
Habibie

Rayakan HUT ke-74 RI, SBM Gelar Festival Budaya

berita terkini
Para penari Caci peserta festival budaya yang digelar SBM.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MAKASSAR - Sanggar Budaya Manggarai (SBM) Makassar menggelar Festival Budaya (FBM) selama dua hari, yakni mulai Sabtu  hingga Minggu (17-18/8/2019) di lapangan SMA Hasanudin, Gowa, Sulawesi Selatan. Kegiatan festival budaya ini, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia.

"Kami bangga dengan diadakannya kegiatan festival ini. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, sehingga semua masyarakat Manggarai baik yang ada di tanah perantauan maupun yang ada di tanah Manggarai sendiri dapat mengetahui, bahwa kami adalah Generasi Muda yang tidak pernah melupakan Budaya sebagai warisan leluhur kami. Kalau dalam go'et Manggarai (peribahasa.red) neka hemong mbate dise ame, serong dise empo (jangan pernah melupakan petuah nenek moyang.red)", papar ketua panitia festival, Romanus Jagu. 

Sementara itu, ketua umum SBM, Fransiskus Jebaru S.Pd mmenjelaskan, diadakannya Festival Budaya Manggarai di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan ini, karena punya dasar sejarah antara Gowa dan Manggarai. 

"Dalam kegiatan ini, SBM juga mengundang Wakil Bupati Kabupaten Gowa dan mengangkat beliau (Wabup Gowa) sebagai 'Ame Titong'. "Artinya beliau adalah orang tua kami yang selalu mendidik kami dari segala hal, karena kami memiliki garis sejarah yang sama", ungkapnya. 

Dikatakan, SBM memiliki tamu terhormat dan Meka Landang (team tamu dalam tarian Caci.red). "Ini adalah kerukunan keluarga besar Kabupaten Manggarai Timur Makassar yang diketuai oleh bapak Marsel Hadu," tutur Frans. 

"Kami berharap, semua orang Manggarai dimana pun berada agar tetap melestarikan budaya Manggarai di mata seluruh Nusantara Indonesia maupun internasional", tutup Frans.

Reporter : Tarsisius Darson Wesa
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Usia Muda, Unik, dan Prestasi, Inilah SMABES Be Master
Berita Selanjutnya Hari Santri, OTT KPK dan Pilkada

Komentar Anda