Portal Indonesia
Habibie

Warga Kutamakmur Keluhkan Bau Busuk Limbah, Ini Tanggapan PT. IBAS

berita terkini
Kawasan PT.IBAS di Gampong Guha Ule Kecamatan Kutamakmur, Aceh Utara
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, ACEH UTARA - Bau busuk yang diduga ditimbulkan dari limbah hasil produksi sebuah pabrik kelapa sawit milik PT. IBAS (Ika Bina Agro Wisesa) di Gampong (Desa) Guha Ule Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara, dikeluhkan masyarakat setempat. 

(Photo: lokasi pembuangan limbah)

Pasalnya, menurut warga sekitar, aroma busuk yang sangat menyengat hidung itu membuat warga resah dan aktivitasnya terganggu. 

"Aroma bau busuk yang diduga dihasilkan dari pabrik sawit itu sangat meresahkan warga di Gampong. Apalagi di saat hujan turun, hampir setiap menjelang maghrib atau malam dan menjelang waktu Subuh, baunya sangat menyengat hidung," jelas salah satu warga yang berinisial SA kepada wartawan media ini, Senin (19/8/2019). 

Bau busuk yang diduga ditimbulkan dari limbah pabrik ini, juga diakui oleh Asmadi selaku Manager PT IBAS. "Benar, memang ada bau busuk yang dihasilkan dari limbah pabrik," ungkap Asmadi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/8) pukul 15.05 WIB. 

Menurut Asmadi, dimana ada pabrik yang tidak menimbulkan bau?. Namun, kata Asmadi, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah upaya untuk menghilangkan bau tersebut. "Saat ini juga kami sudah mencoba mematikan kuman agar bau tidak melebihi SOP," katanya. 

(Photo: Manager PT IBAS Guha Uleu, Asmadi)

Hal tersebut juga dijelaskan oleh Sulaiman selaku Humas PT.IBAS. Ahmad mengaku, belum lama ini, pihaknya sudah memangggil geuchik-geuchik gampong (kepala desa) yang berada disekitaran pabrik, namun tidak semua geuchik.

"Tujuan kami untuk memberitahukan tentang bau limbah ini, karna kami dapat laporan dari warga yang tidak menyenangkan tentang bau limbah pabrik ini," ungkap Sulaiman. 

Kata Sulaiman, pihaknya berharap agar masyarakat mengetahui tentang permasalahan pabrik ini, karna pihak pabrik juga sudah berusaha untuk menghilangkan bau yang menggangu warga setempat.

"Berikutnya kami juga berharap kepada masyarakat setempat jika ingin menyampaikan keluhan terhadap operasi pabrik ini, maka kami siap menerima masukan dari masyarakat setempat dan menjadi motivasi kepada kami untuk melakukan langkah-langkah upaya perbaikan terhadap kegiatan kami yang mengganggu kenyamanan masyarakat sekitaran pabrik khususnya," bebernya. 

Reporter : Nurmansyah
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Bupati Sidoarjo Lepas Pemberangkatan 96 Delegasi Muktamar V PKB ke Bali
Berita Selanjutnya Hari Santri, OTT KPK dan Pilkada

Komentar Anda