Portal Indonesia
Habibie

Entaskan Kemiskinan, Dinlutkan Kebumen Sasar 15 Kelompok Miskin Budidaya Ikan

berita terkini
Budiono S.Pi, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Kebumen, saat menabur benih ikan lele di salah satu kelompok warga miskin di kabupaten Kebumen. 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, KEBUMEN - Salah satu kegiatan Pemkab Kebumen melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kebumen dalam program pengentasan kemiskinan di tahun anggaran 2019, adalah memberikan bantuan benih ikan lele beserta sarana dan prasarana pembudidayaan ikan lele. 

Kepala Dinlutkan Kebumen melalui Kabid Perikanan Budidaya, Budiono SPi mengatakan, bantuan benih ikan lele beserta sarana dan prasarana pembudidayaan ikan lele itu diberikan kepada 15 kelompok yang beranggotakan warga miskin di 15 kecamatan di Kebumen. 

"Mereka berasal dari 15 kecamatan, diantaranya Sadang, Karangsambung, Karanggayam, Sempor, Ambal, Puring, Alian, Sruweng, Mirit, Kebumen dan Buluspesantren," ungkap Budiono disela - sela kesibukannya, Selasa (20/8/2019). 

Selain berkategori miskin, para penerima bantuan dimana setiap kelompok beranggotakan 10 sampai 15 warga miskin tersebut harus memiliki latar belakang pembudidaya ikan dan memiliki sumber air yang bisa digunakan untuk berbudidaya ikan sepanjang tahun. 

"Bantuan terdiri dari benih ikan lele, pakan ikan, sarana prasarana pembudidayaan seperti kolam bundar dan beberapa perlengkapan lainnya. Mereka juga mendapatkan pendidikan dan pelatihan," kata Budiono.

Menurut Budiono, dalam pencanangan program pengentasan kemiskinan yang telah dianggarakan dari APBD kabupaten Kebumen tahun 2019 dengan nilai mencapai 2,7 milyar lebih, Dinlutkan Kebumen menyasar kelompok warga masyarakat miskin.

"Dalam program ini agar bisa membantu mengurangi kemiskinan di kabupaten Kebumen," ujarnya. 

Kata Budiono, selalu berenovasi dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi warga yang kurang mampu untuk menambah penghasilan. "Dengan harapan menjadi keluarga yang mandiri ekonomi kuat dan daya beli masyarakat lebih mampu," tutupnya.

Reporter : Abdul Hakim
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Audensi dengan Pansus Migas DPRK Aceh Utara, Ini Tuntutan Ormawa FH Unimal 
Berita Selanjutnya Desa Riung Kembangkan Tenun Ikat

Komentar Anda