Portal Indonesia
Habibie

Festival Ojhung Meriahkan HUT ke-74 RI dan Harjakasi ke-201 

berita terkini
Bupati dan Wakil Bupati Situbondo serta Forkopimda saat meresmikan Festival Ojhung dengan ditandai pemukulan rotan.  
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Untuk melestarikan tradisi Ojhung, Pemkab Situbondo menggelar festival Ojhung tahun 2018. Festival adu pukul rotan secara bergantian tersebut dilaksanakan di Alun-alun Kota Situbondo. Sabtu (24/8/19) malam.

Menariknya, kegiatan Festival Ojhung dalam rangka malam resepsi HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019 tersebut, ditandai dengan permainan Ojhung yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Situbondo diantaranya, Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Kapolres, Dandim Kejari serta Ketua Pengadilan Negeri Situbondo. 

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto,  SH mengatakan, selain dalam rangka melestarikan tradisi Ojhung, kegiatan festival Ojhung Tahun 2019 ini, juga dalam rangka memeriahkan malam resepsi HUT kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019.

"Karena Ojhung merupakan olahraga asal Desa Bugeman, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Oleh karena itu, untuk melestarikan tradisi olahraga Ojhung, kami menggelar festival Ojhung. Dengan harapan, anak-anak milenial mengenal tradisi ojhung", katanya. 

Budaya ojhung merupakan peninggalan para leluhur atau sesepuh Desa Bugeman, Kecamatan Kendit yang sudah rutin dilaksanakan setahun sekali untuk ritual Selamatan Desa dan memanggil hujan. Budaya ojhung adalah duel dengan pecutan cambuk rotan.

"Pada zaman dulu kala, masyarakat Desa Bugeman, Kecamatan Kendit mengalami kekeringan yang menyebabkan gagal panen di daerah tersebut. Kemudian, untuk mengatasi kekeringan tersebut, maka dilaksanakan ritual ojhung, yakni pertarungan saling pecut dengan menggunakan rotan serta sambil meminta turunnya hujan, malam ini tradisi Ojhung digambarkan secara kongkrit melalui festival ojhung yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pemkab Situbondo", jelasnya. 

Pantauan Portalindonesia.net, Festival Ojhung yang digelar di Alun-alun Kabupaten Situbondo tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Ketua Tim Penggerak PKK Situbondo, Kapolres Situbondo, Dandim 0823/Situbondo, Sekda, para Pimpinan OPD, Camat serta masyarakat Situbondo. 

Reporter : Arief Yuda Pranata
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Sedikitnya 200 Peserta Tingkat SD Ikuti Gerak Jalan Dalam Rangka HUT ke 74 RI 
Berita Selanjutnya Hernia Tak Kunjung Sembuh, Warga Purbalingga Gorok Leher Sendiri

Komentar Anda