Portal Indonesia
Habibie

Perayaan HUT ke-74 RI, Masyarakat Kecamatan Butuh Disuguhi Pagelaran Wayang Kulit

berita terkini
Penyerahan wayang kulit dari Camat Butuh ke Dalang.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo menggelar pagelaran wayang kulit dalam acr Resepsi Kenegaraan Peringatan HUT ke-74 RI. Kesenian yang digelar semalam suntuk tersebut dilaksanakan di halaman kecamatan Butuh, Sabtu (24/8/2019) malam. 

Pementasan pagelaran seni tradisional kian meriah ketika ratusan kembang dinyalakan sesaat sebelum acara dimulai. Aplous tepuk tangan penonton yang memadati halaman Kecamatan Butuh pun terdengar menggema. 

Acara wayang kulit semalam suntuk yang disuguhkan untuk masyarakat Kecamatan Butuh dan sekitarnya ini, mengambil lakon Pendowo kumpul yang dibawakan oleh Dalang  Ki Widiyanto dari Wates Temon Kulon Progo sejalan dengan moto Hari Jadi Provinsi Jateng "Bebrayan Selawase". 

Hadir dalam acara tersebut seluruh jajaran Muspika Butuh, anggota DPRD Purworejo dari Partai Golkar dan PKB, serta seluruh Kepala Desa, kepala UPT, Kepala SD, MI, SMP, SMA dan SLTA, Ketua BPD, Ketua PKK se-Kecematan Butuh serta Timas dan tamu undangan kurang lebih 700 orang termasuk Paskibra Kecamatan Butuh tahun 2019. 

Dalam sambutanya Camat Butuh, Wasit M.Sos menyampaikan, Acara Resepsi Kenegaraan ini salah satu rangkaian acara peringatan Agustus yang di mulai dari tanggal 8 Agustus.

Nguri Uri Budhoyo Jowo, pementasan wayang kulit ini dimaksud sebagai pelestarian kebudayaan tradisional dimana kebudayaan tradisional saat ini sudah mulai terpinggirkan. Oleh sebab itu budanya tradisional sudah waktunya tumbuh dikembangkan dan di lestarikan keberadaanya," ungkapnya. 

Namun demikian, kata Wasit, Kecamatan Butuh tetap aspiratif untuk mewadahi semua seni yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo. "Khususnya di Kecamatan Butuh," imbuhnya. 

Sekedar untuk diketahui, acara pentas seni yang telah digelar di Kecamatan Butuh pada tanggal17-19 Agustus 2019, antara lain ppantonim, tari, Dolalak, kuda kepang. karaoke dan lain lain.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kerusuhan Dibeberapa Daerah, Sekretaris MUI Probolinggo: Jangan Terprovokasi 
Berita Selanjutnya 4 Kali Lakukan Pencurian di Masjid, Remaja di Bawah Umur Diamankan Polisi 

Komentar Anda