Portal Indonesia
Habibie

Kenang Jasa Para Pahlawan, Warga Sumber Katimoho Nobar G30S/PKI 

berita terkini
Saat nobar G30S/PKI di Desa Sumber Katimoho, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo
ramadhan

PORTAlINDONESIA.NET, PROBOLINGGO -Puluhan masyarakat Desa Sumber Katimoho, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, dan Tokoh Pemuda mengadakan acara nonton bareng (Nobar) G30S/PKI, Sabtu (24/82019) malam. 

Acara nobar ini diselenggarakan oleh pemuda desa setempat untuk memperingati HUT RI  yang ke 74. Nobar digelar di halaman salah satu rumah warga ini dilaksanakan pada Sabtu (24/82019) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

Musidin salah satu tokoh pemuda setempat mengatakan, selain bertujuan untuk memperingati HUT RI yang ke 74, diselenggarakannya nobar film G30S/PKI ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan sejarah kepada para masyarakat Desa Sumberkatimoho. "Utamanya kepada para pemuda di desa sini," tegasnya.

Menurut Musidin, para pemuda dan masyarakat antusias untuk menonton sekaligus belajar tentang sejarah melalui pemutaran film G30S/PKI ini.

"Banyak hal positif yang bisa diambil dari pemutaran film bersejarah ini, mulai dari sejarah terbentuknya Indonesia sampai pada pemberontakan partai komunis yang hendak merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada masa itu", jelasnya.

Dalam pelaksanaan nobar ini, pemerintah desa setempat juga ikut andil dalam pemutaran film G30S/PKI.

Sekretaris Desa Sumber Katimoho, Surahman menyampaikan, dalam moment kemerdekaan, nonton bareng  ini, adalah suatu hal yang tepat. "Sebab, pemberontakan yang dilakukan oleh partai komunis untuk merongrong keutuhan NKRI pada masa itu adalah hal yang tidak patut ditiru," tandasnya.


Dia berharap, generasi penerus bangsa dapat membedakan yang positif dan negatif. "Dengan pemutaran film G30S/PKI ini, tidak hanya menjadi tontonan dan hiburan masyarakat semata, masyarakat bisa kembali mengenang sejarah pemberontakan yang dilakukan oleh partai komunis pada kala itu,"tuturnnya.

"Dan selepas dari nobar ini, masyarakat agar bisa menumbuhkan rasa cinta yang lebih dalam lagi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,"pungkasnya.

Reporter : A. Hadari Asyari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Jalan Sehat dan Bazar Warga Jl Greja Semarakkan HUT ke-74 RI di Kota Malang  
Berita Selanjutnya Kasus Anggota DPRD Probolinggo Bergulir, Material Ijazah Abdul Kadir Diduga Asli

Komentar Anda